Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Jikoshoukai Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FIB UB Angkatan 2020.

Muhammad Prayogi Adi,, Sumarto, and Ulfah Sutiyarti,, M.Pd., and Wiranto Aji Dewandono,, S.Pd., M.Pd., (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Jikoshoukai Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FIB UB Angkatan 2020. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ABSTRAK Sumarto, Muhammad Prayogi Adi, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Jikoshoukai Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FIB UB Angkatan 2020. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya . Pembimbing : Wiranto Aji Dewandono. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Bahasa Jepang, Kelayakan Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran aplikasi Bahasa Jepang berbasis Android untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2020 yang tengah belajar Bahasa Jepang. Sekaligus mengetahui pula kelayakan media pembelajaran Bahasa Jepang tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian Research and Development dengan desain penelitian 4D (define, design, development, dissemination) oleh Thiagarajan (1974). Dalam mengumpulkan data, instrumen yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan studi dokumen. Sumber data primer pada penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan subjek sasaran dari media pembelajaran yang berjumlah 12 orang dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2020. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis Android untuk mempelajari tata bahasa dasar yang digunakan pada materi Jikoshoukai. Selain itu, media pembelajaran juga dinilai kelayakannya melalui penilaian ahli media, ahli materi dan pengguna. Dari penilaian tingkat kelayakan dari ahli media, didapatkan nilai dengan persentase 81,739% dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak“. Dari Penilaian yang didapatkan dari ahli materi, nilai persentase untuk kelayakan yang didapatkan adalah sebesar 85,555% dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak“. Media pembelajaran juga diujikan pada sasaran sesungguhnya, yaitu pembelajar Bahasa Jepang dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2020. Dari penilaian responden tersebut, didapatkan nilai persentase sebesar 85,702% dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:08
Last Modified: 24 Sep 2024 09:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209690
[thumbnail of MOH. PRAYOGI ADI SUMARTO.pdf] Text
MOH. PRAYOGI ADI SUMARTO.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item