Pengaruh Jumlah Guru Bersertifikat Pendidik Terhadap Nilai Asesmen Kompetensi Minimum Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Tahun 2021 Dr.

Dewi, Fitriani Sari and Dr. Ainul Hayat,, S.Pd., M.Si and Suhartono Winoto,, S.AP., M.AP (2023) Pengaruh Jumlah Guru Bersertifikat Pendidik Terhadap Nilai Asesmen Kompetensi Minimum Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Tahun 2021 Dr. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asesmen Nasional merupakan salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan untuk menilai mutu yang diukur berdasarkan hasil belajar kognitif melalui asesmen kompetensi minimum, nonkognitif melalui survei karakter, dan kualitas lingkungan belajar melalui survei lingkungan belajar. Kabupaten Serang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki hasil kemampuan literasi dan numerasi di bawah kompetensi minimum dan untuk hasil kemampuan literasi memiliki perbedaan antara wilayah urban dan rural. Kecamatan Kragilan merupakan salah satu contoh daerah yang memiliki perbedaan wilayah urban yang padat penduduk dan rural yang tidak padat penduduk. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah guru yang bersertifikat pendidik di jenjang sekolah dasar se-Kecamatan Kragilan masih kurang dari 50% dari jumlah guru keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh jumlah guru bersertifikat pendidik terhadap hasil asesmen kompetensi minimum kemampuan literasi pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Kragilan tahun 2021, (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh jumlah guru bersertifikat pendidik terhadap hasil asesmen kompetensi minimum kemampuan numerasi pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Kragilan tahun 2021, (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh dari jumlah guru bersertifikat pendidik terhadap hasil asesmen kompetensi minimum kemampuan literasi pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Kragilan tahun 2021, (4) Mengetahui seberapa besar pengaruh dari jumlah guru bersertifikat pendidik terhadap hasil asesmen kompetensi minimum kemampuan numerasi pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Kragilan tahun 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara jumlah guru bersertifikat pendidik terhadap nilai asesmen kompetensi minimum kemampuan literasi pada sekolah dasar negeri di kecamatan kragilan tahun 2021 dan memiliki hubungan yang positif dan lemah, lalu tidak terdapat pengaruh antara jumlah guru bersertifikat pendidik terhadap nilai asesmen kompetensi minimum kemampuan numerasi pada sekolah dasar negeri di kecamatan kragilan tahun 2021 dan memiliki hubungan yang positif dan sangat lemah.

English Abstract

The National Assessment is a form of education system evaluation to assess quality as measured by cognitive learning outcomes through minimum competency assessments, non-cognitive through character surveys, and the quality of the learning environment through learning environment surveys. Serang Regency is one of the regency that has literacy and numeracy results below the minimum competency and the results for literacy abilities have differences between urban and rural areas. Kragilan District is an example of an area that has differences in densely populated urban areas and non-densely populated rural areas. Based on the data obtained, the number of teachers who are certified educators at the elementary school level in Kragilan District is still less than 50% of the total number of teachers. The aim of this research is: (1) Knowing and analyzing the effect of number of educator certified teacher on the score of minimum competency assessment on literacy abilities at state elementary schools in Kragilan District Serang Regency in year 2021, (2) Knowing and analyzing the effect of number of educator certified teacher on the score of minimum competency assessment on numeracy abilities at state elementary schools in Kragilan District Serang Regency in year 2021, (3) Knowing how much the effect of number of educator certified teacher has on the score of minimum competency assessment on literacy abilities at state elementary schools in Kragilan District Serang Regency in year 2021, (4) Knowing how much the effect of number of educator certified teacher has on the score of minimum competency assessment on numeracy abilities at state elementary schools in Kragilan District Serang Regency in year 2021. The results of this study indicate that there is an effect between the number of educator certified teacher on the score of minimum competency assessment on literacy abilities in public elementary schools in Kragilan district in 2021 and has a positive and weak relationship, then there is no effect between the number of educator certified teacher on the score of minimum competency assessment on numeracy abilities in public elementary schools in Kragilan district in 2021 and has a positive and very weak relationship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030597
Uncontrolled Keywords: Guru Bersertifikat Pendidik, Asesmen Kompetensi Minimum, Kemampuan Literasi dan Numerasi
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jan 2024 05:27
Last Modified: 15 Jan 2024 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209658
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FITRIANI SARI DEWI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item