Pengaruh Social Media Marketing terhadap Impulse Buying dan Keputusan Pembelian (Studi Perilaku Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pengguna Platform Media Sosial TikTok)

Millenia, Fitri and Onni Meirezaldi,, S.Sos., MM, and Safarudin Hisyam Tualeka,, S.Tr.Kom., MAB (2023) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Impulse Buying dan Keputusan Pembelian (Studi Perilaku Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pengguna Platform Media Sosial TikTok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi internet didukung dengan kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika dan norma yang ada. Masyarakat sedikit demi sedikit mulai menggeser model pemasaran konvensional atau tradisional dengan menambah ke pemasaran modern yaitu Digital Marketing salah satunya dengan Social Media Marketing. Salah satu platform media sosial untuk melakukan Social Media Marketing adalah aplikasi TikTok. Melalui kemudahan transaksi belanja online Social Media Marketing dapat menimbulkan perilaku konsumtif yaitu Impulse Buying. Social Media Marketing yang dilakukan oleh suatu bisnis dapat mempengaruhi pemikiran seseorang yang akan berdampak pada pemikiran orang lainnya secara lebih luas sebelum melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana pengaruh Social Media Marketing dari platform TikTok terhadap Minat Belanja Impulsif (Impulse Buying) dan Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini, data diolah dengan menggunakan Teknik Analisis Jalur (Path Analysis) data dibantu oleh software IBM SPSS Statistics 26.0. Responden penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang menggunakan media sosial TikTok dengan jumlah 116 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel Impulse Buying, Impulse Buying berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan Social Media Marketing dan Impulse Buying secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

English Abstract

Advances in technology, computers, and telecommunications support the development of Internet technology. The birth of social media has made people's behavior patterns shift culture, ethics and existing norms. Society is gradually shifting traditional marketing models by adding to modern marketing, namely Digital Marketing, one of which is Social Media Marketing. One of the social media platforms for doing Social Media Marketing is the TikTok application. Through the ease of online shopping, Social Media Marketing carried out by a business can influence a person's thinking, which will impact the thinking of others more broadly before making a purchase decision. This study aims to determine the influence of Social Media Marketing from the TikTok platform on Impulse Buying Interest and Purchasing Decisions. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. This study processed the data using the Path Analysis Technique (Path Analysis) data assisted by IBM SPSS Statistics 26.0 software. Respondents of this study were Administrative Science Students of Brawijaya University who used TikTok social media with a total of 116 respondents. The results showed that Social Media Marketing has a significant effect on the Impulse Buying variable, Impulse Buying has a significant effect on Purchasing Decisions, Social Media Marketing has a significant effect on the Purchasing Decision variable. The findings in this study indicate that Social Media Marketing and Impulse Buying simultaneously significantly affect Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030596
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Impulse Buying, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jan 2024 05:27
Last Modified: 15 Jan 2024 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209645
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fitri Millenia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item