Visual Novel Riddle Joker dan Senren Banka sebagai Tujuan Pelarian dari Kehidupan Nyata ke Dunia Fantasi.

Peterson, John Januar and Eshter Risma Purba,, M.Si. and Emma Rahmawati Fatimah,, M.A. (2022) Visual Novel Riddle Joker dan Senren Banka sebagai Tujuan Pelarian dari Kehidupan Nyata ke Dunia Fantasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ABSTRAK Peterson, John. 2022. Visual Novel Riddle Joker dan Senren Banka sebagai Tujuan Pelarian dari Kehidupan Nyata ke Dunia Fantasi. Program Studi Sastra Jepang. Perminatan Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing : Esther Risma Purba Kata Kunci : Visual Novel, Tujuan Pelarian, Dunia Fantasi Kesenian mengalami perkembangan seiring dengan teknologi. Salah satu hasil dari perkembangan tersebut adalah visual novel. Visual novel merupakan video game yang memiliki unsur utama berupa visual dan teks, yang dapat disertai dengan suara. Pengembang dapat menggunakan unsur-unsur tersebut dengan bebas dalam pembuatannya. Di sisi lain, masyarakat membutuhkan karya seni untuk melarikan diri dari kenyataan. Hal tersebut dapat dihampiri contohnya pada kalangan Otaku dalam masyarakat Jepang yang menginginkan karakter yang imut lebih dari karakter yang realistis, dimana hal tersebut terpenuhi dalam budaya anime dan manga yang fiktif. visual novel termasuk ke dalam budaya tersebut. Untuk mengetahui bagaimana visual novel dalam menggunakan unsur fiktif, diambil 2 judul visual novel pengembang Yuzusoft (Riddle Joker dan Senren Banka) sebagai objek penelitian. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan melakukan observasi dan perangkuman objek visual novel, kemudian memilih poin penting akan bagaimana objek visual novel menggunakan unsur fiktif. Analisis penelitian ini melingkupi karakter (warna mata, warna rambut, dan latar belakang karakter) dan plot (garis besar alur dan peristiwa-peristiwa di dalam) yang dijabarkan secara naratif. Dalam penelitian, unsur fiktif ditemukan pada penggunaan warna rambut dan mata yang jauh dari realita dalam kedua visual novel. Kedua visual novel juga menggunakan karakter dengan latar belakang yang memiliki kemampuan / peran yang jauh di atas umur mereka jika dibandingkan dengan realita. Riddle Joker menggunakan kekuatan super dan spionase dalam jalan cerita. Senren Banka menggunakan unsur mistis sebagai penggerak cerita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:19
Last Modified: 12 Jan 2024 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209111
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
John Januar Peterson.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item