Inovasi Dan Analisis Usaha Permen Keras (Hard candy) Kombucha Pada Masa Pandemi Covid-19

Rokhmania, Aziza Aqilla and Ahmad Zaki Mubarok, STP, M.Si., PhD (2023) Inovasi Dan Analisis Usaha Permen Keras (Hard candy) Kombucha Pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk mengkonsumsi makanan dan minuman fungsional, sehingga preferensi masyarakat terhadap makanan yang lebih sehat sangat tinggi. Para pelaku usaha berinovasi dalam membuat pangan yang diminati saat ini, salah satunya adalah kombucha. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum terbiasa dengan rasa khas yang dihasilkan pada minuman tersebut. Oleh karena itu, peluang usaha ini mendorong produk permen keras kombucha untuk turut menawarkan inovasi produk berupa permen keras yang memiliki kandungan gizi terutama kandungan antioksidan. Tujuan kewirausahaan produk permen keras kombucha adalah menghasilkan inovasi produk dari minuman kombucha sebagai alternatif usaha dimasa pandemi Covid- 19 dan menganalisis kelayakan usaha permen keras kombucha dimasa pandemi Covid-19. Metode analisis kelayakan usaha yang dilakukan adalah menganalisis nilai BEP untuk mengetahui titik impas usaha yang dijalankan, menganalisis payback period, menganalisis nilai R/C rasio, menganalisis nilai IRR serta menganalisis nilai NPV. Usaha permen keras kombucha didirikan pada tahun 2022 yang berlokasikan di kota Malang, Jawa Timur. Penjualan permen keras kombucha dilakukan selama 6 bulan dari tanggal 20 Mei 2022 sampai dengan 20 November 2022. Keuntungan penjualan permen keras kombucha sebesar Rp 6.648.780. Hasil analisis kelayakan usaha permen keras kombucha yaitu menghasilkan nilai BEP sebanyak 817 unit untuk ukuran 75 g dan 706 unit untuk ukuran 35 g serta nilai BEP dalam rupiah sebesar 21.103.206,5 dengan nilai payback period selama 8 bulan 18 hari. Nilai R/C permen keras Kombucha sebesar 1,48 yang menunjukkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan. Nilai NPV permen keras kombucha sebesar Rp 48.371.806,22 yang menunjukkan bahwa usaha ini memperoleh keuntungan. Nilai IRR permen keras kombucha sebesar 12,61% maka dari segi nilai IRR usaha kombucha hard candy ini juga layak dilanjutkan.

English Abstract

The Covid-19 pandemic requires people to consume functional food and drinks so that people's preference for healthier foods is very high. Business actors are innovating in making food that is currently in demand, one of which is kombucha. However, there are still many people who are not used to the distinctive taste produced in these drinks. Therefore, this business opportunity encourages kombucha hard candy products to also offer product innovation, namely confectionary snacks in the form of kombucha hard candy which has nutritional content, especially antioxidant content. The entrepreneurial goal of kombucha hard candy products is to produce product innovations from kombucha drinks as an alternative business during the Covid-19 pandemic and to analyze the feasibility of the kombucha hard candy business during the Covid-19 pandemic. The business feasibility analysis method used is to analyze the BEP value to find out the breakeven point of the business being carried out, analyze the payback period, analyze the R/C ratio value, analyze the IRR value and analyze the NPV value. Kombucha hard candy business was founded in 2022 which is located in the city of Malang, East Java. The sale of kombucha hard candy was carried out for 6 months from May 20 2022 to November 20 2022. The profit from the sale of kombucha hard candy was IDR 6,648,780. The results of the feasibility analysis for kombucha hard candy produced a BEP value of 817 units for 75 g size and 706 units for 35 g size and a BEP value in rupiah of 21,103,206.5 with a payback period of 8 months and 18 days. The R/C value of Kombucha hard candy is 1.48 which indicates that this business is feasible to run. The NPV value of kombucha hard candy is IDR 48,371,806.22 which shows that this business is making a profit. The IRR value of kombucha hard candy is 12.61%, so in terms of the IRR value of the kombucha hard candy business it is also feasible to continue.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Bisnis kembang gula, Permen keras kombucha-Entrepreneurship, confectionery business, kombucha hard candy
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:30
Last Modified: 12 Jan 2024 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209013
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aziza Aqilla Rokhmania.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item