Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Reksadana Syariah di Aplikasi Bibit (Studi Kasus pada Generasi Milenial dan Z)

Aliifah, Shofi and Ajeng Kartika Galuh,, S.E., M.E. (2023) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Reksadana Syariah di Aplikasi Bibit (Studi Kasus pada Generasi Milenial dan Z). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat reksadana syariah masih tergolong kecil dibandingkan dengan reksadana konvensional, baik dari segi jumlah maupun NAB berdasarkan laporan OJK per Agustus 2022. Berdasarkan data KSEI per Juni 2022, generasi milenial dan Z mendominasi jumlah investor secara keseluruhan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kemudahan berinvestasi melalui financial technology dan salah satu startup investasi terpopuler di Indonesia adalah Bibit. Mengetahui beberapa faktor yang memengaruhi keputusan generasi milenial dan Z untuk membeli produk reksadana syariah di aplikasi Bibit menjadi tujuan penelitian ini. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel 96 orang yang berusia 17-40 tahun dan pernah melakukan pembelian produk reksadana syariah. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik, ditemukan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh literasi keuangan syariah, return, dan kemampuan finansial secara bersamaan. Secara parsial, literasi keuangan syariah dan kemampuan finansial tidak berpengaruh signifikan, sedangkan return berpengaruh positif dan signifikan sehingga diketahui bahwa return sebagai faktor utama pada pengambilan keputusan pembelian produk reksadana syariah di aplikasi Bibit pada generasi milenial dan

English Abstract

Both in terms of quantity and NAV based on the OJK report as of August 2022, the level of sharia mutual funds is still relatively low in comparison to conventional mutual funds. According to KSEI data as of June 2022, investors primarily belong to the millennial and Z generations. This is a result of how convenient financial technology has made investing, and one of Indonesia's most well-known investment businesses is Bibit. This study aims to identify the elements that millennial and Z generations use to decide whether to buy sharia mutual fund products using the Bibit application. In this quantitative study, 96 individuals who have acquired Islamic mutual fund products range in age from 17 to 40. According to the findings of logistic regression research, financial capability, returns, and Islamic financial literacy simultaneously have an impact on consumers' purchasing decisions. Partially, Islamic financial literacy and ability have no discernible impact, whereas return has a positive and significant impact. As a result, it is known that return is the primary factor in millennial and Z generations' decisions to purchase Islamic mutual fund products through the Bibit application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020653
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian; Reksadana Syariah; Literasi Keuangan Syariah; Return; Kemampuan Finansial; Bibit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:56
Last Modified: 12 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208910
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
shofi aliifah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item