Tingkat Kepuasan Masyarakat Peserta Jaminan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Pelayanan RSUD Kota Depok, Jawa Barat (Studi pada Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Depok)

Khalisa, Fadiyah Nur and Drs. Sukanto, MS and Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA (2023) Tingkat Kepuasan Masyarakat Peserta Jaminan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Pelayanan RSUD Kota Depok, Jawa Barat (Studi pada Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Depok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik di bidang kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang sangat penting, untuk itu pemerintah berupaya menciptakan dan mengembangkan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia, yaitu Program Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan. Dalam praktiknya, masih terdapat masalah yang dikeluhkan oleh pasien peserta BPJS Kesehatan, khususnya pada pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Depok, Jawa Barat. Perlu adanya pengukuran terhadap kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan, yang salah satunya dapat dilihat dari tingkat kepuasan peserta layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat dan mengidentifikasi preferensi masyarakat peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Depok, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan statistik deskriptif dan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sebagai pasien rawat jalan peserta jaminan kesehatan BPJS Kesehatan di RSUD Kota Depok. Teknik pengambilan sample yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 377 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah SKM merujuk pada PERMEN PAN & RB Nomor 14 Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat berpedoman pada PERMENPANRB No. 14 Tahun 2017, dari 9 indikator diperoleh nilai 77,5 yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini berarti, bagi peserta BPJS Kesehatan sudah merasa puas terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Depok. Sarana dan Prasarana memiliki nilai tertinggi yaitu 86,5 yang berarti memiliki kualitas baik. Sedangkan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur memiliki nilai terendah yaitu 69,5 yang berarti memiliki kualitas kurang baik. Masyarakat sebagai peserta BPJS Kesehatan pada pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Depok memiliki preferensi kepuasan terhadap indikator sarana dan prasarana serta kompetensi pelaksana yang memiliki nilai kepuasan masyarakat tertinggi dengan kualitas yang baik diantara sembilan indikator.

English Abstract

Public services in the health sector are a very important basic need of society, for this reason the government is trying to create and develop health insurance for all people in Indonesia, namely the National Health Insurance Program by BPJS Health. In practice, there are still problems complained about by patients participating in BPJS Health, especially in outpatient services at the Regional Hospital of Depok City, West Java. There is a need to measure the quality of health services for BPJS Health participants, one of which can be seen from the level of satisfaction of service participants. This research aims to measure the level of community satisfaction and identify the preferences of BPJS Health participants towards outpatient services at the Depok City Regional Hospital, West Java. This research is quantitative research with descriptive statistics and survey methods. The population in this study was the community as outpatients participating in BPJS Health health insurance at the Depok City Regional Hospital. The sampling technique used was purposive sampling with a total sample of 377 people. Data collection techniques used questionnaires, interviews and non-participant observation. The data analysis technique used is SKM referring to PERMEN PAN & RB Number 14 of 2017. The research results show that, based on the results of calculating the Community Satisfaction Index based on PERMENPANRB No. 14 of 2017, from 9 indikators a value of 77.5 was obtained which is included in the good category. This means that participants from BPJS Kesehatan feel satisfied with the outpatient services at the Depok City Regional Hospital. Facilities and Infrastructure have the highest score, namely 86.5, which means they have good quality. Meanwhile, Systems, Mechanisms and Procedures have the lowest score, namely 69.5, which means they have poor quality. The community as BPJS Kesehatan participants in outpatient services at Depok City Regional Hospital has a preference for satisfaction with indikators of facilities and infrastructure as well as implementing competence which has the highest community satisfaction score with good quality among the nine indikators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030559
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Rawat Jalan, Peserta BPJS Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:35
Last Modified: 12 Jan 2024 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208621
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FADIYAH NUR KHALISA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item