Darmawan, Narsiska and Ir. Effy Yuswita,, M.Si and Neza Fadia Rayesa, S.TP., M.Sc. (2023) Peran Kepuasan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Petani Kopi sebagai Petani Mitra UKM Puntang Coffee Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Puntang Coffee merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) di industri pengolahan kopi yang menyediakan berbagai jenis biji kopi hijau (green beans) dan biji kopi sangrai (roasted beans) di Jawa Barat. Diketahui bahwasannya terdapat peningkatan pelanggan baru dari UKM Puntang Coffee sebesar 10% per tahun dengan rata-rata permintaan coffee shop dan roastery untuk produk green beans minimal 50 - 100 kg. Namun hal tersebut tidak diiringi dengan pertumbuhan petani mitra yang justru cenderung menurun selama 2022-2023 yaitu sebanyak 7,6% dan 3,7%. Adanya penurunan jumlah anggota mitra tersebut dapat mengindikasikan bahwasannya terdapat permasalahan mengenai loyalitas petani mitra UKM Puntang Coffee. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas petani mitra UKM Puntang Coffee dengan kepuasan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling guna mengumpulkan data dari 84 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui kuesioner tertutup dan data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas petani mitra, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan petani mitra, variabel kepuasan anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas petani mitra, serta variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas petani melalui kepuasan sebagai variabel mediasi. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah bahwa perusahaan sebaiknya memperdalam pemahaman terhadap kebutuhan petani mitra. Dengan demikian, penilaian terhadap kualitas pelayanan perusahaan dapat ditingkatkan, yang pada akhirnya akan mendukung peningkatan loyalitas petani mitra. Beberapa hal yang perlu ditingkatkan agar petani mitra semakin loyal dengan perusahaan antara lain dengan memberikan pembinaan kepada petani mitra lebih rutin, harga jual yang bersaing, penyediaan gudang atau saung tempat penyimpanan kopi yang dekat dengan perkebunan, serta penyediaan sarana transportasi yang mumpuni untuk mengangkut hasil panen para petani.
English Abstract
Puntang Coffee is one of Small Medium Enterprises (SMEs) in the coffee processing industry that provides various types of green coffee beans and roated beans in West Java. It is known that there is an increase in new customers from Puntang Coffee by 10% per year with an average demand for coffee shops and roastery for green beans products of at least 50 - 100 kg. However, this was not accompanied by the growth of partner farmers, which actually tended to decrease during 2022- 2023, namely by 7.6% and 3.7%. The decrease in the number of partner members can indicate that there are problems regarding the loyalty of partner farmers of Puntang Coffee. Therefore, this study aimed to identify the effect of service quality on the loyalty of Puntang Coffee partner farmers with satisfaction as a mediating variable. This study used a quantitative approach with accidental sampling as the sampling technique to collected data from 84 respondent. Data collection was collected through a closed questionnaire and the data was then analyzed using the PLS (Partial Least Square) method through SmartPLS 4.0 software. The results shown that the service quality variable has a positive and significant effect on the partner farmers’ loyalty variable, the service quality variable has a positive and significant effect on the partner farmers’ satisfaction variable, the member satisfaction variable has a positive and significant effect on partner farmers’ loyalty, and the service quality variable has a positive and significant effect on the partner farmers’ loyalty variable through satisfaction as a mediating variable. The recommendations that can be provided by the researcher are that the company should deepen its understanding of the needs of partner farmers. Therefore, the assessment of the company’s service quality can be enhanced, which ultimately will support the increase in partner farmers’ loyalty. Some aspects that need improvement in order to enhance partner farmers’ loyalty to the company include providing more regular coaching to partner farmers, competitive pricing, establishing warehouses or storage huts for coffee near the plantations, and offering reliable transportation means for transporting farmers’ harvests.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kepuasan, loyalitas, kemitraan |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username ismiatun |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 08:14 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 08:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208616 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Narsiska Darmawan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |