Inovasi Pelayanan" Agage Pintar" Sebagai Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Bersekolah (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi)

Meidiana, Eriska Aulia and Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si and Dr. Siti Rochmah, M.Si (2023) Inovasi Pelayanan" Agage Pintar" Sebagai Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Bersekolah (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang berjudul Inovasi Pelayanan Agage Pintar Sebagai Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Bersekolah Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi merupakan suatu program layanan yang dijalankan dibawah dinas pendidikan untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang bermutu dan juga pemerataan akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk dapat bersekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua, antara lain: 1) inovasi layanan pendidikan inklusi melalui program Agage Pintar; dan 2) faktor pendorong serta penghambat inovasi pelayanan pendidikan inklusif melalui program Agage Pintar. Teknik pengumpulan dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer serta data sekunder. Dalam penelitian ini, inovasi pelayanan melalui program Agage Pintar di dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi dijalankan karena permasalahan belum meratanya pelayanan yang diterima anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif untuk dapat bersekolah. Dari inovasi pelayanan tersebut, ditujukan untuk pengembangan atau pemerataan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kabupaten Banyuwangi. Pada proses pelayanannya, dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi bekerjasama dengan pokja inklusif dalam pengembangan lembaga pendidikan inklusif beserta guru pendamping khusus (GPK) bagi anak berkebutuhan khusus. Pada program agage pintar ini memiliki tujuan untuk dapat melakukan pemerataan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam haknya mendapatkan pendidikan. Inovasi pelayanan melalui program Agage Pintar dapat dipahami bahwasannnya pada inovasi pelayanan yang dilakukan oleh dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan tingkat pendidikan inklusif di Kabupaten Banyuwangi salah satunya melalui pelatihan guru pendamping khusus melibatkan anak berkebutuhan khusus dalam festival, perlombaan dan peluang kerja serta pemberian sosialiasi atau pemahaman kepada orangtua dari anak berkebutuhan khusus (ABK).

English Abstract

The research entitled "Smart Agage Service Innovation as a Service for Children with Special Needs to Go to School Study at the Education Office of Banyuwangi" is a service program run under the education office to be able to provide quality education services and also equal access to education for children with special needs to be able to go to school. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research is divided into two, including: 1) innovation of inclusive education services through the Agage Pintar program; and 2) the driving and inhibiting factors for innovation of inclusive education services through the Agage Pintar program. The collection techniques were interview, observation and documentation. The data sources used were primary data and secondary data. In this study, service innovation through the Agage Pintar program at the Banyuwangi education office was carried out because of the problem of unequal services received by children with special needs in the implementation of inclusive education to be able to attend school. From this service innovation, it is intended to develop or equalize inclusive education for children with special needs in Banyuwangi. In the service process, the education office of Banyuwangi district collaborates with the inclusive working group in developing inclusive education institutions and special assistant teachers for children with special needs. The Smart Agage program aims to be able to equalize education for children with special needs in their right to education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030550
Uncontrolled Keywords: Inovasi Program,Pelayanan,Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:56
Last Modified: 12 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208055
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ERISKA AULIA MEIDIANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item