Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Potong Segar (Studi Kasus di Alfamidi Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan)

Restuti, Andini Wahyu and Prof. Dr. Ir. Tri Dewanti Widyaningsih, M.Kes. and Jaya Mahar Maligan, STP, MP. (2023) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Potong Segar (Studi Kasus di Alfamidi Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumsi buah-buahan saat ini semakin meningkat seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat. Sementara itu, konsumen sekarang sangat sibuk sehingga mereka memilih produk yang tidak hanya segar dan bergizi tetapi juga praktis seperti buah potong segar. Peluang buah potong segar ini banyak dimanfaatkan oleh ritel modern termasuk Alfamidi. Namun, dalam lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini, perusahaan ritel dituntut memuaskan hati konsumennya untuk lebih unggul dari kompetitor. Perusahaan perlu mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan meningkatkan kinerja produk. Salah satu cara untuk mengukur kepuasan konsumen adalah survei kepuasan konsumen menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Oleh karena itu, dilakukan analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut buah potong segar Alfamidi menggunakan metode CSI dan IPA. Penelitian dilakukan di lima toko Alfamidi di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan dengan objek penelitiannya yaitu semangka merah tanpa biji, rock melon, dan pepaya california. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Alfamidi dalam pengembangan produk buah potong segar. Hasil analisis data menggunakan CSI menunjukkan indeks kepuasan sebesar 86,75% yang berarti bahwa konsumen sangat puas terhadap produk secara keseluruhan. Hasil analisis menggunakan IPA menunjukkan bahwa tidak ada atribut yang masuk dalam prioritas tinggi perbaikan. Atribut yang masuk prioritas rendah adalah aroma, tekstur, pelabelan, ukuran potongan, dan harga. Atribut yang perlu dipertahankan adalah warna, rasa, kesegaran, dan kebersihan. Sementara jenis kemasan dinilai berlebihan oleh konsumen. Atribut prioritas rendah dianalisis menggunakan diagram tulang ikan untuk menemukan penyebab masalah yang kemudian menghasilkan solusi. Solusi perbaikan yang dapat diberikan antara lain berkaitan dengan penerapan SOP, pengawasan personel, pelaksanaan training, pemilihan supplier, manajemen stok bahan baku produksi, evaluasi proses perbaikan dan permintaan alat di toko, dan pemberian promosi.

English Abstract

Consumption of fruits is currently increasing along with the increasing trend of a healthy lifestyle. Meanwhile, today's consumers are so busy that they choose products that are not only fresh and nutritious but also practical, such as fresh cut fruit. This opportunity for fresh cut fruit is widely used by modern retailers, including Alfamidi. However, in today's competitive business environment, retail companies are required to satisfy their consumers to be superior to competitors. Companies need to know the level of customer satisfaction and improve product performance. One way to measure consumer satisfaction is a customer satisfaction survey using the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) methods. Therefore, an analysis of the level of consumer satisfaction was carried out on the attributes of Alfamidi's fresh cut fruit using the CSI and IPA methods. The research was conducted at five Alfamidi stores in Bangil District, Pasuruan Regency with the research objects namely seedless red watermelon, rock melon, and California papaya. This research is expected to be a reference for Alfamidi in the development of fresh cut fruit products. The results of data analysis using CSI show a satisfaction index of 86.75%, which means that consumers are very satisfied with the product as a whole. The results of the analysis using IPA show that there are no attributes that are included in the high improvement priority. Attributes that are included in low priority are aroma, texture, labeling, cut size, and price. Attributes that need to be maintained are color, taste, freshness, and cleanliness. While this type of packaging is considered excessive by consumers. Low priority attributes are analyzed using a fishbone diagram to find the cause of the problem which then generates a solution. Improvement solutions that can be provided include implementation of SOPs, supervisory personnel, implementation training, selection of suppliers, management of production raw material stocks, evaluation of repair processes and requests for tools in stores, and promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: buah potong segar, kepuasan konsumen, CSI, IPA-fresh-cut fruit, customer satisfaction, CSI, IPA
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:51
Last Modified: 11 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207952
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andini Wahyu Restuti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item