Analisis Kelaikan Teknis dan Kelayakan Finansial pada Proyek Gedung Kantor di Jakarta Selatan

Nugroho, Amanda Bernicha and Dr. Eng. Ir. Yatnanta Padma Devia, ST., MT. and Ir. Hendi Bowoputro, ST., MT. (2023) Analisis Kelaikan Teknis dan Kelayakan Finansial pada Proyek Gedung Kantor di Jakarta Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu investasi atau proyek pembangunan gedung, perlu dilakukan analisis kelayakan atau disebut juga feasibility study (FS). Analisis kelaikan teknis yang dilakukan pada suatu proyek pembangunan gedung adalah menganalisis apakah kondisi bangunan gedung tersebut telah memenuhi aspek-aspek keandalan gedung seperti aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Analisis kelayakan finansial ini dilakukan untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan layak atau tidak pada pembangunan gedung tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kelaikan teknis dan kelayakan finansial pada gedung kantor, serta memberikan rekomendasi perbaikan pada komponen-komponen kelaikan teknis apabila masih belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis kelaikan teknis dan kelayakan finansial pada proyek gedung kantor yang berada di Jakarta Selatan yang memiliki luas lahan perencanaan sebesar 1377 m2. Metode dalam penelitian adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk analisis kelaikan teknis dari bangunan gedung kantor dalam penelitian ini hanya pada aspek kondisi struktur bangunan gedung, kesesuaian intensitas bangunan gedung, sistem proteksi pemadam kebakaran, dan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) yang mengacu pada PP No. 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung. Untuk analisis kelayakan finansial dilakukan berdasarkan aliran kas perusahaan dengan melihat hasil perhitungan dari Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PBP). Berdasarkan hasil kelaikan teknis, dapat diketahui bahwa hampir seluruh aspek yang dianalisis sudah memenuhi ketentuan, namun untuk komponen kolom dan balok pada aspek Kondisi Struktur Bangunan Gedung, serta komponen Akses Petugas Pemadam Kebakaran ke Lingkungan dan Sistem Proteksi Pasif pada aspek Sistem Proteksi Pemadam Kebakaran masih belum sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Sedangkan untuk hasil analisis kelayakan finansial, proyek pembangunan gedung kantor di Jakarta Selatan ini telah layak secara finansial ditunjukkan dengan nilai NPV sebesar Rp 6.729.506.715,00 > 0; BCR sebesar 1,0072 ≥ 1; dan IRR sebesar 14,19% > 10,12% dari MARR. Dari hasil analisis diperoleh juga nilai payback period adalah 8 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan, Kelaikan Teknis, Kelayakan Finansial, Gedung Kantor di Jakarta Selatan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.404 Project management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:44
Last Modified: 11 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207929
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amanda Bernicha Nugroho.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item