Pengaruh Marinasi Berbagai Konsentrasi Jahe Merah (Zingiber Officinale Var. Rubrum) Terhadap Susut Masak, Ph, Keempukan, Dan Daya Ikat Air Daging Sapi

Simangunsong, Christian Michael Hamonangan and Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi, MS., IPU., ASEAN Eng (2023) Pengaruh Marinasi Berbagai Konsentrasi Jahe Merah (Zingiber Officinale Var. Rubrum) Terhadap Susut Masak, Ph, Keempukan, Dan Daya Ikat Air Daging Sapi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging merupakan sumber protein hewani bagi manusia yang memiliki nilai hayati (biological value) yang tinggi, mengandung asam amino esensial lengkap, mengandung vitamin dan zat besi, memiliki nilai cerna protein yang tinggi, dan merupakan sumber energi karena kandungan lemaknya yang tinggi. Salah satu jenis daging yang dapat digunakan untuk memenuhi protein hewani yaitu daging sapi. Jahe merah merupakan salah satu alternatif bahan marinasi yang murah dan mudah didapat dikalangan masyarakat. Jahe merah memiliki rimpang yang merupakan sumber enzim protease. Jahe merah dapat meningkatkan kualitas fisik daging sapi yang meliputi susut masak, pH, keempukan, daya ikat air, aroma, warna dan rasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: beef, red ginger, marination
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:36
Last Modified: 11 Jan 2024 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207898
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Christian Michael Hamonagan Simangunsong.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item