Pengembangan Business Model Canvas (BMC) dan Analisa Kelayakan Pengembangan Usaha “POTY” Olahan Sari Buah Instan dalam Kemasan

Qorni, Moch. Rofiul and Prof. Dr. Ir. Imam Santoso,, M.Si, and Prof. Yusuf Hendrawan,, STP. M.App.Life.Sc. Ph.D., (2023) Pengembangan Business Model Canvas (BMC) dan Analisa Kelayakan Pengembangan Usaha “POTY” Olahan Sari Buah Instan dalam Kemasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi apel Malang di Jawa Timur mencapai 4.000 ton/tahun. Hal ini menunjukkan bahwa Malang memiliki potensi apel yan sangat menjanjikan, membuat semakin yakin untuk memulai usaha dengan brand POTY. POTY merupakan wujud dari pengembangan usaha minuman apel serbuk instan dengan memberdayakan tenaga kerja melalui penerapan teknologi produksi pangan modern yang mampu mengangkat potensi apel Malang. POTY mampu memproduksi inovasi minuman apel berbentuk serbuk instan berteknologi yang sesuai dengan selera konsumen. POTY merupakan brand dari naungan perusahaan CV. Poty Teknologi Pertanian yang bergerak pada sektor olahan pangan buahbuahan dalam kemasan. Usaha ini berlokasi di Gondanglegi, Kab. Malang, Jawa Timur. Dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya, CV. Poty perlu memahami teknologi yang berkembang, proses, dan pangsa pasar yang tepat untuk mencapai strategi bisnis yang baik. Strategi bisnis diterapkan menggunakan salah satu model yaitu Business Model Canvas (BMC). BMC adalah suatu model yang digunakan dalam memecahkan masalah inovasi bisnis dengan kombinasi analisis SWOT yang tersaji pada persegi decoration. BMC terbagi menjadi 9 elemen yang akan menjelaskan masing-masing bagian bisnis. Analisis masing-masing bagian akan mempermudah suatu UMKM untuk mengambil keputusan sesuai tujuan bisnis dan mampu meningkatkan laba. Penelitian ini dilakukan menggunakan analisis 9 komponen BMC yaitu customer segments, value propositions, channel, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key activities, key partnership, dan cost structure. Pengembangan strategi model bisnis yang diterapkan dapat memberikan dampak yang signifikan pada jangkauan pasar sehingga CV. Poty Teknologi Pertanian memiliki 8 mitra usaha oleh-oleh dan beberapa kerjasama Business to Business lainnya yang dapat meningkatkan penjualan dan kapasitas produksi minuman apel serbuk Poty dalam 3 bulan terakhir dengan rata-rata produksi 5 kwintal per bulan. Serapan petani apel meningkat sebanyak 3 mitra yang diberdayakan. Rencana pengembangan CV. Poty Teknologi Pertanian kedepannya difokuskan pada penjualan terhadap wisatawan lokal dengan memberikan loyalty card untuk pelaku usaha wisata. Ekspansi pasar ditargetkan mampu menjangkau beberapa kota besar di Pulau Jawa dengan omzet min. Rp. 100.000.000,- per bulan. Pemenuhan target dilakukan dengan meningkatkan kapasitas produksi 10.000 pcs per bulan dan sudah memenuhi standart HACCP tahun 2024 sehingga mampu memberikan social impact yang nyata kepada petani apel Malang dan masyarakat sekitar dengan meningkatkan serapan kerja hingga 200% atau sekitar 25-30 pekerja aktif setiap bulannya.

English Abstract

Malang apple production in East Java reaches 4,000 tons/year. This shows that Malang has very promising apple potential, making it even more confident to start a business with brands POTY. POTY is a manifestation of the development of an instant apple powder drink business by empowering the workforce through the application of modern food production technology that is able to increase the potential of Malang apples. POTY is able to produce innovative apple drinks in the form of instant powder with the technology according to consumer tastes. POTY is brands from the auspices of the CV. Poty Agricultural Technology company which operates in the packaged fruit food processing sector. This business is located in Gondanglegi, Kab. Malang, East Java. In running and developing its business, CV. Poty needs to understand developing technology, processes, and the right market share to achieve a good business strategy. The business strategy is implemented using one of the models namely Business Model Canvas (BMC). BMC is a model used in solving business innovation problems with a combination of SWOT analysis presented on squares decoration. BMC is divided into 9 elements which will explain each part of the business. Analysis of each part will make it easier for an MSMEs to make decisions according to business goals and be able to increase profits. This research was conducted using an analysis of 9 components of BMC namely customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key activities, key partnerships, and cost structure. The development of the business model strategy that is implemented can have a significant impact on market reach so that CV. Poty Agricultural Technology has 8 souvenir business partners and several collaborations Business to Businessothers that can increase sales and production capacity of Poty apple powder drink in the last 3 months with an average production of 5 quintals per month. The absorption of apple farmers increased by 3 empowered partners. CV. development plan. In the future, Poty Agricultural Technology will focus on sales to local tourists by providing loyalty cards for tourism businesses. The market expansion is targeted to be able to reach several big cities in Java Island with a turnover of min. 100,000,000 IDR per month. Fulfillment of the target is carried out by increasing the production capacity of 10,000 pcs per month and meeting the HACCP standard in 2024 so that it can providesocial impactsa real benefit to Malang apple farmers and the surrounding community by increasing employment up to 200% or around 25-30 active workers each month.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Apel, Business Model Canvas, Minuman Serbuk Instan, POTY Apple, Business Model Canvas, Instant Powder Drink, POTY
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:13
Last Modified: 10 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207463
[thumbnail of dalam Masa Embargo] Text (dalam Masa Embargo)
MOCH. ROFIUL QORNI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item