Metode Pieces (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service) Dalam Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku (Study Pada Pt. Tulip Diandra Raya Tulungagung)

Norhalida, . and Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., MCom (Accy)., MCom-Hons., CSRS (2023) Metode Pieces (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service) Dalam Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku (Study Pada Pt. Tulip Diandra Raya Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku pada PT. Tulip Diandra Raya Tulungagung (TDRT). Penelitian ini menggunakan Metode PIECES (performance, information, economic, control, efficiency, dan service) untuk mengevaluasi kelebihan dan kelemahan sistem yang ada sehingga dapat memberikan usulan perbaikan pada kelemahannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Metode PIECES. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku pada TDRT masih belum dijalankan dengan maksimal. Hasil penelitian ini menunjukkan kelebihan dari segi informasi (information), keamanan (control), efisiensi (efficiency), dan pelayanan (service) yang telah memenuhi seluruh kriteria yang ada. Hasil penelitian ini juga menunjukkan kelemahan dari segi kinerja (performance) dan ekonomi (economic) yang belum memenuhi beberapa kriteria yang ada.

English Abstract

This study aims to evaluate the strengths and weaknesses of the accounting information system for raw material purchase of PT. Tulip Diandra Raya Tulungagung (TDRT) utilizing PIECES Method (performance, information, economic, control, efficiency, and service) to provide suggestions for improvement. This study employs qualitative descriptive analysis on data collected from interviews, observation, and documentation. The results of the study exhibit that the accounting information system for raw material purchase on TDRT is not optimally implemented. The results also reveal that information, control, efficiency, and service fulfill the predetermined criteria, but not the case for performance and economy, which is considered as strength and weakness, respectively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020613
Uncontrolled Keywords: Metode PIECES, Evaluasi, Sistem Informasi Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:39
Last Modified: 10 Jan 2024 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207429
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NORHALIDA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item