Fauzan, Alieffiandri Tio and Dr. Riyanti Isaskar, SP., M.Si. and Neza Fadia Rayesa, S.TP., M.Sc. (2023) Analisis Daya Saing Ekspor Komoditas Biji Kakao Indonesia ke Pasar Amerika Serikat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kakao merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia. Indonesia menjadi negara dengan penghasil kakao terbesar ketiga di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Amerika Serikat merupakan mitra dagang utama ekspor biji kakao Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 12,98% dari total ekspor biji kakao ke dunia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis daya saing dan menganalisis perkembangan ekspor biji kakao Indonesia di pasar Amerika Serikat periode 2000-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data deret waktu (time series). Sumber data didapat dari UN COMTRADE, BPS (Badan Pusat Statistik), dan ICCO (International Cocoa Organization). Data yang diambil berupa nilai ekspor dan impor biji kakao dengan pengukuran dolar AS (US$) lalu, volume ekspor dan impor biji kakao dengan pengukuran ton. Penelitian ini menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), dan Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP). Hasil penelitian menunjukkan perkembangan nilai dan volume ekspor biji kakao Indonesia selama 2000-2021 memiliki nilai yang fluktuatif. berdasarkan hasil perhitungan RCA, nilai rata-rata sebesar 15,92 yang mengindikasikan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif yang lemah dalam produksi dan ekspor biji kakao dibandingkan dengan Pantai Gading dan Ekuador yang lebih fokus pada sektor tersebut. Nilai ISP yang rendah meunujukkan pula bahwa Indonesia tidak memiliki pangsa pasar yang signifikan di Amerika Serikat dalam hal ekspor biji kakao sedangkan nilai EPD menunjukkan Indonesia berada pada posisi Rising Star di pasar Amerika Serikat dengan nilai yang sangat kecil yakni sumbu X sebesar 0, dan sumbu Y sebesar 0,04 yang berarti bahwa terdapat peluang pertumbuhan pasar biji kaklao di pasar Amerika Serikat. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa biji kakao Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif meskipun daya saingnya masih lemah di pasar Amerika Serikat jika dibandingkan dengan lima negara pembanding. Biji kakao Indonesia dalam tahap kembali mengimpor di pasar Amerika Serikat.
English Abstract
Cocoa is one of Indonesia’s valuable export commodities. Indonesia ranks as the world’s third-largest cocoa producer after Cote d’Ivoire and Ghana. The United States of America is Indonesia’s main market for cocoa bean exports, as it serves as the destination country for these exports with a market share of 12,98% of the total cocoa bean exports to the world. The objective of this research is to analyze the competitiveness and examine the development of Indonesian cocoa bean exports in the US market from 2000 to 2021. This study utilizes time series data. Data sources include UN COMTRADE, BPS (Badan Pusat Statistik), and ICCO (International Cocoa Organization). The data collected consists of the export and import values of cocoa beans measure in US Dollars (US$), as well the export and import volumes of cocoa beans measured in tons. The data was analyzed by the Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), and Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) methods. The research findings indicate that the development of the value and volume of Indonesia’s cocoa bean exports during 2000-2021 has been fluctuaticg. Based in the RCA calculations, the average value is 15.92, which indicates that Indonesia has a weak comparative advantage in the production and export of cocoa beans compared to Ivory Coast and Ecuador, which are more focused on this sector. The low value of ISP also suggest that Indonesia may not have a significant market share in the US regarding cocoa beans export, however, the EPD value shows that Indonesia is in Rising Star position in the US market growth for cocoa beans in the US. Overall, it can be concluded that Indonesian cocoa beans have both comparative and competitive advantages, although their competitiveness is still weak in the US market when compared to five benchmark countries. Indonesian cocoa beans are in phase of re-importing in the US market
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Subjects: | 300 Social sciences > 382 International commerce (Foreign trade) > 382.6 Export trade 600 Technology (Applied sciences) > 633 Field and plantation crops > 633.7 Alkaloidal crops > 633.74 Cacao |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username tunjungsari |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:00 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207265 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alieffiandri Tio Fauzan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |