Penerapan Business Model Canvas (Bmc) ”Pulp Cao” Produk Minuman Berbahan Pulp Biji Kakao Di CV.Bayu Dewa Brahma

Mulyono, Alif Wahyu Dewa Ananta and Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP and Dr. Dodyk Pranowo, STP. M.Si (2023) Penerapan Business Model Canvas (Bmc) ”Pulp Cao” Produk Minuman Berbahan Pulp Biji Kakao Di CV.Bayu Dewa Brahma. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri minuman sari buah di Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat pada tahun 2021 karena adanya pola gaya hidup masyarakat yang semakin sehat. Salah satu tumbuhan yang dapat diolah menjadi minuman sari buah kakao adalah tanaman kakao. Tanaman kakao saat ini gencar dibudidayakan di kawasan Mojokerto dan dilakukan fermentasi terhadap hasil panen biji kakao untuk mendapatkan biji kakao yang berkualitas. Namun, hasil samping dari proses tersebut menghasilkan pulp kakao yang dapat berdampak kurang baik pada lingkungan. Padahal, potensi pulp kakao menurut penelitian Ralle (2018) dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk seperti nata de kakao, jus/minuman sari pulp biji kakao, selai, pektin, etanol, minuman anggur (wine), asam asetat (vinegar), herbisida. Pengolahan ini merupakan salah satu cara untuk memperpanjang umur simpan dan meningkatkan nilai guna dari pulp kakao. Salah satu bentuk pengolahan yang dapat dijadikan alternatif adalah diolah menjadi pangan fungsional berupa minuman fungsional sari buah. Hal ini telah dilakukan oleh perusahaan CV. Bayu Dewa Brahma yang memproduksi minuman sari buah kakao. Dalam menjalani usahanya, CV. Bayu Dewa Brahma melakukan perencanaan strategi pengembangan usaha skala prioritas untuk produk PULP CAO melalui 9 elemen Business Model Canvas, yaitu Customer Segment, Value Proposition, Channels, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities, dan Key Partnership. Kemudian dilakukan evaluasi berdasarkan faktor SWOT. Hasil penelitian pada analisis SWOT dari penerapan BMC perusahaan didapatkan hasil dari total skor matriks IFE sebesar 2.52, yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki posisi internal yang cukup kuat. Sedangkan total nilai skor terbobot matriks EFE adalah 2.38, yang artinya perusahaan memiliki posisi eksternal relatif lemah. Hal ini menunjukkan bahwa CV. Bayu Dewa Brahma pada matriks IE berada pada posisi ke V (hold and maintain). Sehingga dari evaluasi tersebut didapatkan empat alternatif strategi matriks SWOT untuk perbaikan pada BMC perusahaan. Pertama, SO (memprioritaskan pelayanan kerjasama dengan mitra dan meningkatkan investasi dalam teknologi baru yang membantu mengoptimalkan proses produksi). Kedua, ST (perlu meningkatkan upaya legalitas produk seperti uji nutrisi, PIRT, halal, dan HKI serta meningkatkan riset untuk kualitas produk). Ketiga, WO (memaksimalkan strategi pemasaran online melalui ecommerce, marketplace, dan media sosial, serta mengembangkan produk baru untuk oleh-oleh). Keempat, WT (meningkatkan kualitas produk dengan alat dan proses sesuai standar CPPOB dan SOP yang baik ,meningkatkan hubungan dengan pemasok bahan baku, dan meningkatkan pemasaran dan branding).

English Abstract

The fruit juice industry in Indonesia experienced significant growth in 2021 due to the increasing healthy lifestyle trend among the population. One of the plants that can be processed into cocoa fruit juice is the cocoa plant. Cocoa plants are currently being cultivated extensively in the Mojokerto region, and the harvested cocoa beans undergo fermentation to obtain high-quality cocoa beans. However, the byproduct of this process, cocoa pulp, can have a negative impact on the environment. Despite that, research by Ralle(2018) has shown that cocoa pulp has the potential to be utilized in various products such as cocoa nata, juice/fruit juice from cocoa pulp, jam, pectin, ethanol, wine, vinegar, and herbicides. This processing method is one way to extend the shelf life and enhance the value of cocoa pulp. One alternative form of processing is to transform it into functional food in the form of functional fruit juice. This has already been done by CV. Bayu Dewa Brahma, a company that produces PULP CAO . In conducting their business, CV. Bayu Dewa Brahma prioritizes strategic business development through the nine elements of the Business Model Canvas, including Customer Segment, Value Proposition, Channels, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities, and Key Partnership. Subsequently, an evaluation is performed based on the SWOT factors. The SWOT analysis revealed that the company obtained a total score of 2.52 in the IFE matrix, indicating a relatively strong internal position. On the other hand, the total weighted score in the EFE matrix was 2.38, indicating a relatively weak external position. This suggests that CV. Bayu Dewa Brahma is positioned as a Hold and Maintain in the IE matrix. Therefore, based on this evaluation, four alternative strategies were identified in the SWOT matrix for improving the Business Model Canvas of the company. Firstly, SO (prioritizing cooperation with partners and increasing investment in new technologies to optimize the production process). Secondly, ST (improving product legality efforts such as nutritional testing, product registration, halal certification, and intellectual property rights, as well as enhancing research for product quality). Thirdly, WO (maximizing online marketing strategies through e-commerce, marketplace, and social media, as well as developing new products for souvenirs). Lastly, WT (improving product quality, strengthening relationships with raw material suppliers, and enhancing marketing and branding efforts improve product quality with tools and processes according to CPPOB standards and good SOPs, improve relationships with raw material suppliers, and improve marketing and branding).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: BMC, Pulp Biji Kakao, SWOT-BMC, SWOT,Cocoa Bean Pulp.
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:17
Last Modified: 10 Jan 2024 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207161
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alif Wahyu Dewa Ananta Mulyono.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item