Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Kembali (Survei pada Wisatawan Plaza Bukit Surga Kabupaten Nganjuk)

Luvirasari, Dila Rachma and Lusy Deasyana Rahma Devita, SAB., MAB. (2023) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Kembali (Survei pada Wisatawan Plaza Bukit Surga Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wisata Plaza Bukit Surga merupakan salah satu Desa Wisata yang mengusung konsep wisata alam di Kabupaten Nganjuk serta memanfaatkan salah satu media sosial yaitu Instagram sebagai media pemasaran produk wisatanya. Penggunaan internet khususnya media sosial sebagai sarana pemasaran produk wisata Plaza Bukit Surga Kabupaten Nganjuk merupakan kegiatan social media marketing untuk memperluas kegiatan promosi atau pemasaran produk. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh signifikan variabel social media marketing terhadap variabel minat berkunjung kembali wisatawan pada Plaza Bukit Surga Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh wisatawan Plaza Bukit Surga Kabupaten Nganjuk yang sedang mengunjungi serta yang telah mengunjungi Plaza Bukit Surga Kabupaten Nganjuk. Jumlah sampel yang digunakan adalah 96 sampel yang dihitung berdasarkan rumus lemeshow karena jumlah populasi yang tidak pasti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu purposive sampling. Dilakukan uji asumsi klasik antara lain uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Terapat uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji koefisien determinasi.

English Abstract

Bukit Surga Plaza Tourism is one of the tourist villages that carries the concept of natural tourism in Nganjuk Regency and utilizes social media, namely Instagram, as a marketing medium for its tourism product. The use of the internet, especially social media as a means of marketing tourism products at Plaza Bukit Surga Nganjuk Regency, is a social media marketing activity to expand product promotion or marketing activities. Based on this background, this study aims to explain and analyze the significant influence of the Social Media Marketing variable on the variable of interest in visiting tourists at the Plaza Bukit Surga, Nganjuk Regency. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The population used in this study were all tourists visiting the Plaza Bukit Surga, Nganjuk Regency, who were visiting and who had visited the Plaza Bukit Surga, Nganjuk Regency. The number of samples used was 96 samples which were calculated based on the Lemeshow formula because the population size was uncertain. The sampling technique used is non-probability sampling, namely purposive sampling. Classical assumption tests were carried out including normality tests, linearity tests, and heteroscedasticity tests. Data analysis used descriptive analysis. There is a hypothesis test using the t-test and the coefficient of determination test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030509
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing dan Minat Berkunjung Kembali
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:55
Last Modified: 10 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207002
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Dila Rachma Luvirasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item