Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Pada Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri),

Frilana, Dila and Dr. Drs. Mochammad Rozikin, M.AP., and Lestari Eko Wahyudi, S.AP., M.AP (2023) Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Pada Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut Peraturan Bupati Kediri Nomor 7 Tahun 2023 tentang Penetapan Kinerja Tertentu Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Tahun Anggaran 2023, instansi pelaksana pemungutan pajak daerah dan/atau retribusi daerah adalah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri yang diberi tugas di bidang perpajakan. Sebagai instansi yang diberi tugas dalam pemungutan PBB, desa berkewajiban untuk mengoptimalkan penerimaan PBB melalui pelayanan publik yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian, yaitu: 1. Pelayanan publik yang dilakukan Pemerintan Desa Dawung dalam meningkatkan pembayaran PBB dan 2. Faktor pendukung dan penghambat Pemerintah Desa Dawung dalam meningkatkan pelayanan publik pada pembayaran PBB bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode analsis data model Creswell. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik Pemerintah Desa Dawung dalam meningkatkan pembayaran PBB ditinjau dalam teori dari Zeithaml yaitu: (1) wujud kegiatan berupa pembentukan blok, ledang (pemberitahuan kepada masyarakat dengan berkeliling desa), door to door dan sosialisasi kepada Ketua RT dan tokoh masyarakat serta program E-SPPT PBB Online; (2) kehandalan yang harus dimiliki aparatur didasarkan pada aturan legal dan khusus dari Pemerintah Desa Dawung; (3) ditemui permasalahan pada daya tanggap aparatur berpa keterlambatan penyampaian SPPT; (4) sebagai jaminan kepada masyarakat telah ada beberapa peraturan dan pemberian tanda bukti yang sah; (5) sikap aparatur dalam proses pemungutan PBB dilakukan dengan baik, namun untuk inovasi dalam meningkatkan kualitas belum ada karena keterbatasan fasilitas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik yang diberikan Pemerintah Desa Dawung telah baik namun masih diperlukan pengoptimalan pada dimensi responsiveness.

English Abstract

According to the Regulation of the Regent of Kediri Number 7 of 2023 concerning Determination of Certain Performances for Collection of Regional Taxes and Regional Levies for the 2023 Fiscal Year, the implementing agencies for the collection of regional taxes and/or regional fees are agencies within the Kediri Regency Government which are tasked with taxation. As an agency tasked with collecting land and building tax, the village is obliged to optimize land and building tax revenues through the public services it provides. The type of research used is a descriptive method with a qualitative approach with a research focus, namely: 1. Public services carried out by the Dawung Village Government in increasing payment of land and building tax and 2. Supporting and inhibiting factors for the Dawung Village Government in improving public services in paying land tax and community buildings. This study uses the Creswell model data analysis method. The results of this study indicate that the quality of public services for the Dawung Village Government in increasing PBB payments is reviewed in theory from Zeithaml, namely: (1) activities in the form of block formation, ledang (notifying the community by going around the village), door to door and outreach to the Head of the RT and community leaders and the UN Online E-SPPT program; (2) the reliability that apparatus must have is based on legal and special regulations from the Dawung Village Government; (3) there were problems with the responsiveness of the apparatus in the form of delays in the submission of the SPPT; (4) as a guarantee to the public that there have been several regulations and the provision of legal evidence; (5) the attitude of the apparatus in the land and building tax collection process is carried out well, but there is no innovation in improving quality due to limited facilities. The conclusion in this study is that the quality of public services provided by the Dawung Village Government is good, but optimization is still needed on the responsiveness dimension.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030508
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Pajak Bumi dan Bangunan, Desa
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:54
Last Modified: 10 Jan 2024 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206969
[thumbnail of Dila Frilana.pdf] Text
Dila Frilana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item