Perencanaan Strategi Promosi dan Willingness To Pay untuk Mengembangkan Agrowisata (Studi Kasus Agrowisata Taman Teknologi Pertanian Dilem Wilis, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek)

HARIANTO, ADHYTIA HARDIANSYAH and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA (2023) Perencanaan Strategi Promosi dan Willingness To Pay untuk Mengembangkan Agrowisata (Studi Kasus Agrowisata Taman Teknologi Pertanian Dilem Wilis, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu agrowisata yang terdapat di Kabupaten Trenggalek bernama TTP (Taman Teknologi Pertanian) Dilem Wilis yang berlokasi di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. Akses yang jauh dari kota, kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung, dan tidak adanya promosi menjadikan agrowisata ini belum menjadi pilihan wisata bagi para masyarakat. Dalam pengelolaan agrowisata pengelola juga harus memperhatikan aspek lingkungan maka perlu adanya kesediaan wisatawan untuk membayar yang digunakan sebagai memperbaiki kualitas lingkungan agrowisata. Berdasarkan peristiwa tersebut, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui persepsi wisata terhadap agrowisata Dilem Wilis, mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal agrowisata Dilem Wilis, merancang strategi promosi agrowisata Dilem Wilis, mengetahui prioritas strategi promosi agrowisata Dilem Wilis, dan menganalisis kesediaan wisatawan untuk membayar agrowisata Dilem Wilis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, sedangkan metode pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner, observasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling untuk strategi promosi dengan key informan sebanyak 7 orang sebagai responden dan accidentall sampling untuk wellingness to pay dengan jumlah responden sebanyak 96 orang dengan kriteria responden yang pernah berkunjung ke agrowisata Dilem Wilis yang berumur lebih atau sama dengan 17 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght-Weakness-Opportunity-Threats), analisis QSPM Quantitative Strategic Planning Matrix), dan perhitungan nilai dugaan rataan WTP. Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE menunjukkan total skor faktor internal sebesar 3,083 dan faktor eksternal sebesar 3,221. Hasil nilai tersebut menunjukkan posisi agrowisata Dilem Wilis dalam matriks IE (InternalEksternal) saat penelitian berlangsung berada pada kuadran I yang menunjukkan bahwa strategi yang cocok pada posisi ini strategi S-O (Strenghts-Opportunities). Hasil analisis matriks SWOT (Strengths-Opportunities-Weakness-Threats) yang memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Strategi yang telah disusun sesuai prioritasnya berdasarkan hasil analisis metode QSPM yang dapat digunakan oleh agrowisata Dilem Wilis, yaitu: (1) Memperbaiki media sosial dengan melakukan rebranding tempat wisata dengan konsep agrowisata yang lebih menarik, (2) Membangun relasi dan jaringan usaha yang lebih luas dengan biro perjalanan, dan (3) Melakukan kerjasama dengan komunitas Jeep Trenggalek. Rekomendasi biaya retribusi berdasarkan hasil perhitungan rataan WTP adalah sebesar Rp 4.500

English Abstract

One of the agrotourism destinations in Trenggalek Regency is called TTP (Taman Teknologi Pertanian) Dilem Wilis, located in Dompyong Village, Bendungan Sub-district, Trenggalek Regency. Its remote location, lack of interest from the community to visit, and lack of promotion have made this agrotourism site not a popular choice for tourists. In managing the agrotourism site, the management should also consider environmental aspects, and therefore it is necessary for tourists to be willing to pay, which will be used to improve the environmental quality of the agrotourism site. Based on these circumstances, the objectives of this research are to determine tourists' perceptions of Dilem Wilis agrotourism, identify the internal and external conditions of Dilem Wilis agrotourism, design promotional strategies for Dilem Wilis agrotourism, determine the priority promotional strategies for Dilem Wilis agrotourism, and analyze tourists' willingness to pay for Dilem Wilis agrotourism. This research is a qualitative study. The data used in this study are primary and secondary data, and the data collection methods include interviews, questionnaires, and observations. The sample for the promotional strategy is taken using purposive sampling, with 7 key informants as respondents, while the sample for willingness to pay consists of 96 respondents selected using accidental sampling, with the criteria that they have visited Dilem Wilis agrotourism and are 17 years old or older. The data analysis techniques include SWOT analysis (Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats), QSPM analysis (Quantitative Strategic Planning Matrix), and calculation of the estimated mean value of WTP (Willingness to Pay). Based on the analysis of the IFE (Internal Factor Evaluation) and EFE (External Factor Evaluation) matrices, the total score for internal factors is 3.083, and for external factors, it is 3.221. These results indicate that Dilem Wilis agrotourism, during the research period, is positioned in Quadrant I of the IE (Internal-External) matrix, which suggests that the suitable strategy in this position is the S-O (Strengths-Opportunities) strategy. The SWOT analysis results maximize strengths and opportunities while minimizing weaknesses and threats. The prioritized strategies based on the QSPM analysis that can be implemented by Dilem Wilis agrotourism are as follows: (1) Improve social media presence by rebranding the tourist site with a more attractive agrotourism concept, (2) Establish broader relationships and business networks with travel agencies, and (3) Collaborate with the Jeep Trenggalek community. The recommended entrance fee based on the calculated average WTP is Rp 4,500.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Willingness To Pay, Agrowisata
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:59
Last Modified: 09 Jan 2024 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206457
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adhytia Hardiansyah Harianto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item