Optimasi Rute Distribusi Pada Kondisi Permintaan Tidak Pasti Dengan Menggunakan Metode Nearest Neighbour (Studi Kasus Pada Distribusi Beras PT. Sari Tani Indonesia Group)

de Fretes, Addis Letisia Agnes and Aunur Rofiq Mulyarto, STP, M.Sc and Muhammad Arif Kamal, STP, M.Si (2023) Optimasi Rute Distribusi Pada Kondisi Permintaan Tidak Pasti Dengan Menggunakan Metode Nearest Neighbour (Studi Kasus Pada Distribusi Beras PT. Sari Tani Indonesia Group). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Sari Tani Indonesia Group merupakan perusahaan pengolahan beras di wilayah Kabupaten Mojokerto dengan pelanggan tetap di sekitar Jawa Timur. Proses pendistribusian pada PT. Sari Tani Indonesia Group menggunakan 2 jenis kendaraan, yaitu kendaraan kapasitas 10 ton sejumlah 20 buah dan kendaraan kapasitas 20 ton sejumlah 9 buah. Salah satu permasalahan pada PT. Sari Tani Indonesia Group adalah tertundanya pengiriman barang karena lamanya waktu tunggu kendaraan yang akan kembali dari pengiriman selanjutnya serta permintaan pelanggan yang random atau tidak pasti. Permasalahan ini termasuk dalam permasalahan Vehicle Routing Problem (VRP) yang dikembangkan menjadi Stochastic Vehicle Routing Problem (SVRP) dengan mempertimbangkan permintaan yang bersifat stokastik atau tidak pasti dengan variable yang acak. Penelitian ini dilaksanakan pada 1 November 2022-31 Januari 2023 di PT. Sari Tani Indonesia Group, Mojokerto yang berlokasi di Jalan Raya Pekukuhan-Mojosari No. 20 Mojokerto 61382 Jawa Timur, Indonesia. Dalam penelitian ini akan dicari rute distribusi yang paling optimal menggunakan penyelesaian metode Nearest Neighbour dengan bantuan Google Maps yang akan diolah dalam Microsoft Excel. Variabel yang digunakan adalah permintaan beras dari pelanggan, kapasitas kendaraan, dan jarak yang ditempuh. Berdasarkan hasil analisa, dapat ditunjukkan bahwa penentuan rute distribusi beras yaitu menggunakan kendaraan ODOL 10 ton untuk permintaan kurang dari 10 ton, dan untuk permintaan lebih dari 10 ton dilakukan dengan 2 skenario. Skenario pertama dengan kendaraan tambahan berkapasitas 20 ton dengan total jarak 2.713, 860 km dan total biaya Rp 6.886.039. Skenario kedua menggunakan kendaraan 10 ton dengan 2 kali pengiriman dan dihasilkan total jarak 3.395,32 dan total biaya Rp 6.904.829,10. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan kendaraan berkapasitas 20 ton lebih efisien dari segi total jarak sebesar 2.713,860 km dan Rp 6.886.039,35 dibandingkan dengan kendaraan ODOL 10 ton dengan dua kali pengiriman karena menghasilkan jarak yang lebih besar yaitu 3.395,32 km sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar yaitu Rp 6.904.829,10. Maka dalam penelitian kali ini akan menggunakan 2 macam kendaraan dalam pendistribusian-nya, yaitu untuk titik dengan permintaan kurang dari 10 ton akan dikirimkan dengan kendaraan ODOL 10 ton dan untuk titik dengan permintaan lebih dari 10 ton akan dikirimkan dengan kendaraan berkapasitas 20 ton.

English Abstract

PT. Sari Tani Indonesia Group is a company that processes food ingredients, especially in the processing of rice types in the Mojokerto Regency area with regular customers around East Java, namely Mojokerto, Surabaya, Gresik, Sidoarjo and Malang. The distribution process at PT. Sari Tani Indonesia Group uses 2 types of vehicles, namely 20 Colt Diesel Double (CDD) with a maximum capacity of 8 tons per vehicle and 9 Container Trucks with a maximum capacity of 20 tons per vehicle. One of the problems at PT. Sari Tani Indonesia Group is the delay in the delivery of goods due to the long waiting time for the vehicle to return from the next shipment as well as random or uncertain customer requests. Problems at PT. Sari Tani Indonesia Group is included in the Vehicle Routing Problem (VRP) problem which is developed into the Stochastic Vehicle Routing Problem (SVRP) by considering stochastic or uncertain demand with random variables. This research was conducted on 1 November 2022-31 January 2023 at PT. Sari Tani Indonesia Group, Mojokerto which is located on Jalan Raya Pekukuhan-Mojosari No. 20 Mojokerto 61382 East Java, Indonesia. In this research, the most optimal distribution route will be found using the Nearest Neighbor method with the help of Google Maps which will be processed in Microsoft Excel. The variables used are rice demand from customers, vehicle capacity, and distance traveled. Based on the results of the analysis, it can be shown that determining the rice distribution route by using a 10 ton ODOL vehicle for requests of less than 10 tons, and for requests of more than 10 tons is carried out with 2 scenarios. The first scenario is with an additional vehicle with a capacity of 20 tons with a total distance of 2,713.860 km and a total cost of IDR 6,886,039. The second scenario uses a 10 ton vehicle with 2 deliveries and produces a total distance of 3,395.32 and a total cost of IDR 6,904,829.10. The conclusion of this study is that the addition of a 20 ton capacity vehicle is more efficient in terms of a total distance of 2,713.860 km and Rp. 6,886,039.35 compared to a 10 ton ODOL vehicle with two shipments because it produces a larger distance of 3,395.32 km so the costs incurred were much greater, namely Rp. 6,904,829.10. So in this study we will use 2 types of vehicles in the distribution, namely for points with requests of less than 10 tons will be sent with ODOL vehicles of 10 tons and for points with requests of more than 10 tons will be sent with vehicles with a capacity of 20 tons.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Nearest Neighbour, Optimasi Rute Distribusi, Stochastic Vehicle Routing Problem (SVRP), Vehicle Routing Problem (VRP)-Distribution Route Optimization, Nearest Neighbor, Stochastic Vehicle Routing Problem (SVRP), Vehicle Routing Problem (VRP)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:17
Last Modified: 09 Jan 2024 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206378
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Addis Letisia Agnes De Fretes.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item