Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Mal Pelayanan Publik BTC Mall Kota Bekasi)

Ramadhan, Bagas Nur and Drs. Sukanto, MS. (2023) Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Mal Pelayanan Publik BTC Mall Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mal Pelayanan Publik merupakan instansi pemerintah yang dibuat dibawah DPMPTSP secara langsung. Mal Pelayanan Publik BTC Mall didirikan pada tahun 2019 di Kota Bekasi. Mal Pelayanan Publik dibuat sebagai inovasi dari Pemerintah Kota Bekasi guna mempermudah pelayanan publik di Kota Bekasi. Seiring berjalannya waktu, Mal Pelayanan Publik memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang berada di Kota Bekasi, selain memberikan pelayanan yang terbaik Mal Pelayanan Publik juga memberikan kepuasan terhadap masyarakat sehingga masyarakat akan kembali menggunakan pelayanan yang ada di Mal Pelayanan Publik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan di Mal Pelayanan Publik, (2) mengetahui faktor pendorong dan penghambat pada pelayanan di Mal Pelayanan Publik. Hasil dari penelitian ini memberikan fakta yaitu Mal Pelayanan Publik sebagai tempat untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pengurusan administrasi negara. Fakta kedua adalah kepuasan masyarakat yang diterima dari hasil kualitas pelayanan yang berada di Mal Pelayanan Publik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang telah diterapkan di Mal Pelayanan Publik. Kualitas pelayanan memiliki peran yang sangat penting demi memberikan hasil yang bisa diterima pada masyarakat sehingga masyarakat bisa merasa puas terhadap pelayanan tersebut.

English Abstract

Mal Pelayanan Publik is a government agency created under DPMPTSP directly. Mal Pelayanan Publik BTC Mall established in 2019 in Bekasi City. Mal Pelayanan Publik created as an innovation from the Bekasi City Government to facilitate public services in Bekasi City. As time progresses, Mal Pelayanan Publik provide the best service to the people in Bekasi City, in addition to providing the best service, Mal Pelayanan Publik also provides satisfaction to the public so that the public will return to use the services at Mal Pelayanan Publik. The objectives of this study are: (1) to know the level of public satisfaction with services at Mal Pelayanan Publik, (2) to know the supporting and obstructing factors in services at Mal Pelayanan Publik. The results of this study provide facts, that Mal Pelayanan Publik is a place to provide services to people who need state administration management. The second fact is the public satisfaction received from the results of the quality of service at Mal Pelayanan Publik. The conclusion of the results of this study is public satisfaction with the quality of services that have been implemented at Mal Pelayanan Publik. Service quality has a very important role in order to provide acceptable results to the public so that people can feel satisfied with the service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030474
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Mal Pelayanan Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:30
Last Modified: 09 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206246
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Bagas Nur Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item