Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital di Pemerintah Daerah (Studi Melalui Aplikasi View Probolinggo pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo)

Laili, Azizah Nur and Dr. Hermawan, S.IP., M.Si. and M. Chazienul Ulum, S.Sos (2023) Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital di Pemerintah Daerah (Studi Melalui Aplikasi View Probolinggo pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik dapat diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengurus segala kepentingan yang dibutuhkan pada keberlangsungan kehidupan masyarakat. Pemerintah dituntut untuk merespons dengan cepat dan tanggap supaya menciptakan iklim yang kondusif. Untuk itu, pemerintah harus mampu melakukan pembaharuan di berbagai bidang. Pentingnya inovasi pelayanan publik pada pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang efektif dan efisien. Pemerintah Daerah Kota Probolinggo memiliki beberapa inovasi dalam peningkatan layanan publik, salah satunya melalui inovasi layanan publik berbasis digital yaitu Aplikasi View Probolinggo, yang merupakan layanan pengaduan dan informasi yang terintegrasi di satu aplikasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dibatasi oleh fokus penelitian Proses Inovasi menurut West & Farr (1990), yang terdiri dari tahap pengakuan, inisiasi, implementasi, dan stabilisasi; kemudian tantangan yang ditemui secara internal dan eksternal; serta hasil evaluasi Aplikasi View Probolinggo. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses inovasi Aplikasi View Proboinggo sudah sesuai, dimana pada tahap pengakuan Diskominfo Kota Probolinggo menyadari pentingnya inovasi pelayanan publik berbasis digital dalam mewujudkan peningkatan kualitas kapasistas layanan kepada Masyarakat. Pada tahap inisiasi, Diskominfo Kota Probolinggo melibatkan usulan pihak lain dalam hal ini OPD atau instansi lainnya, sekaligus mengidentifikasi penentuan tujuan berdasarkan permasalahan yang melatarbelakangi dihadirkannya Aplikasi View Probolinggo. Pada tahap implementasi, Aplikasi View Probolinggo mendapatkan respon positif dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, Aplikasi View Probolinggo telah mengalami pengembangan atau penyesuaian Pada tahap terakhir, stabilisasi dilakukan demi keberlangsungan dan keberlanjutan inovasi yang ditetapkan, melalui kegiatan monitoring, controlling, dan evaluasi diketahui kendala atau permasalahan Aplikasi View Probolinggo yang perlu diperbaiki. Kemudian terkait tantangan yang ditemui yaitu perihal SDM tenaga ahli, keterbatasan infrastruktur, perilaku masyarakat dan kebutuhan masyarakat, serta perkembangan IPTEK yang cepat. Hasil evaluasi dari pelaksanaan Aplikasi View Probolinggo sudah cukup baik dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, namun tetap diperlukan perbaikan dan pengembangan dari fitur aplikasi,

English Abstract

Public service can be defined as an activity carried out by the government to take care of all the interests needed for the continuity of people's lives. The government is required to respond quickly and responsively in order to create a conducive climate. For this reason, the government must be able to carry out reforms in various fields. The importance of public service innovation in government aims to improve the quality of effective and efficient public services. The Probolinggo City Local Government has several innovations in improving public services, one of which is through digital-based public service innovation, namely the View Probolinggo, which is an integrated complaint and information service in one application. This research uses a descriptive type of research with a qualitative approach which is limited by the research focus of the Innovation Process according to West & Farr, which consists of the recognition, initiation, implementation and stabilization stages; then the challenges encountered internally and externally; as well as the evaluation results of the View Probolinggo. Overall, the results of this research show that the innovation process of View Probolinggo is appropriate, which is at the recognition stage the Diskominfo of Probolinggo realizes the importance of digital-based public service innovation in realizing increased quality of service capacity to the community. At the initiation stage, the Probolinggo City Diskominfo involved proposals from other parties, in this case the OPD or other institutions, as well as identifying goal determination based on the problems behind the presentation of the View Probolinggo. At the implementation stage, the View Probolinggo received a positive response and the benefits could be felt by the community. Apart from that, the View Probolinggo has undergone development or adjustments. In the final stage, stabilization was carried out for the sake of continuity and sustainability of the innovation that was determined, through monitoring, controlling and evaluation activities, obstacles or problems with the View Probolinggo were identified that needed to be corrected. Then related to the challenges encountered, namely regarding skilled human resources, limited infrastructure, community behavior and community needs, as well as the rapid development of science and technology. The evaluation results from the implementation of the View Probolinggo are quite good and can provide benefits to the community, however improvements and development of the application features are still needed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030471
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi, Digital, Aplikasi View Probolinggo
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:56
Last Modified: 09 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206212
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Azizah Nur Laili.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item