Proses Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Perizinan Online (Studi pada Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang)

Nisa, Arista Ainun and Dr. Drs. Tjajanulin Domai, MS and Suhartono Winoto, SAP., MAP (2023) Proses Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Perizinan Online (Studi pada Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang (DisnakerPMPTSP) mengembangkan sebuah pelayanan perizinan dari manual ke online. DisnakerPMPTSP mengembangkan sebuah pelayanan perizinan online yaitu Si-Izol (Sistem Informasi Perizinan Online) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada tahun 2020. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses inovasi Si-Izol dan menganalisis faktor pendukung serta penghambat inovasi Si-Izol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di DisnakerPMPTSP Kota Malang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara dengan beberapa informan dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu dengan model interaktif menurut Miles, Huberman & Saldana dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data. kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diuji keabsahan datanya dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan proses inovasi Si-Izol yang terdiri dari Identifying Problems (Mengidentifikasi Masalah), Generating Ideas (Menghasilkan Ide), Developing Proposals (Mengambangkan Proposal, Implementing Project (Melaksanakan Proyek), Evaluating Projects (Mengevaluasi Proyek), Diffusing Lessons (Menyebarkan Inovasi) telah tercapai namun pada tahap Evaluating Projects belum optimal. Serta terdapat faktor pendukung inovasi yaitu pemimpin yang berperan aktif dalam organisasi, kemampuan SDM serta sarana dan prasarana yang mendukung operasional Si-Izol, kemauan DisnakerPMPTSP untuk mengembangkan sistem Si-Izol secara berkelanjutan, dan masyarakat mendukung pelayanan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Faktor penghambat inovasi yaitu sebagian masyarakat memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi yang rendah, tidak dapat mengunggah berkas persyaratan izin melalui smarthphone, sulit mengembangkan sistem integrasi Si-Izol dengan dinas lain, dan dana yang terbatas dalam pengembangan Si-Izol.

English Abstract

The Malang City Department of Manpower, Investment and One-Stop Integrated Services (DisnakerPMPTSP) has developed a licensing service from manual to online. DisnakerPMPTSP developed an online licensing service, namely Si-Izol (Online Licensing Information System) by utilizing information and communication technology in 2020. The focus of this research is to describe and analyse the Si-Izol innovation process and analyse the supporting and inhibiting factors for Si-Izol innovation. This research uses descriptive research with a qualitative approach located at the Malang City DisnakerPMPTSP. This research uses primary data sources obtained from interviews with several informants and secondary data obtained from documentation and observation. The analytical method used is an interactive model according to Miles, Huberman & Saldana with four stages, namely data collection. data condensation, data presentation, and drawing conclusions. From the research results, the validity of the data was tested using triangulation techniques, namely source triangulation and technical triangulation. The research results show that the Si-Izol innovation process consists of Identifying Problems, Generating Ideas, Developing Proposals, Implementing Projects, Evaluating Projects, Diffusing Lessons) has been achieved but at the Evaluating Projects stage it is not yet optimal. And there are supporting factors for innovation, namely leaders who play an active role in the organization, human resource capabilities and facilities and infrastructure that support Si-Izol operations, DisnakerPMPTSP willingness to develop the Si-Izol system in a sustainable manner, and the community supporting services by utilizing technological advances. Factors inhibiting innovation are that some people have low knowledge of information and communication technology, cannot upload permit requirements files via smartphone, it is difficult to develop a Si-Izol integration system with other agencies, and limited funds for Si-Izol development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030459
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan, Inovasi, Si-Izol
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:14
Last Modified: 08 Jan 2024 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206165
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Arista Ainun Nisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item