Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Malang.

Khanifa, Anggi Amalia and Dr. Alfi Haris Wanto, SAP., M.AP., MMG and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. (2023) Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan sektor pelayanan yang sangat penting bagi masyarakat negara karena dengan adanya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masyarakat memperoleh identitas sebagai warga negara. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang menerapkan prinsip good governance dalam meningkatkan pelayanan publik. Penerapan prinsip-prinsip good governance diperlukan untuk menjadikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang menjadi lebih baik dan terciptanya sistem tata kelola penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas dan berjalan maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap pihak-pihak dan objek yang berkaitan dengan penerapan prinsip good governance dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data penelitian kualitatif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan publik bidang kependudukan dan catatan sipil meliputi Kota Malang partisipasi masyarakat, penegakan hukum, transparansi, daya tanggap, berorientasi konsensus, berkeadilan, efektivitas dan efisiensi, akuntabilitas dan bervisi strategis telah berjalan baik. Terdapat faktor pendukung dalam penyelenggaraan prinsip-prinsip good governance dalam Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang diantaranya sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya administrasi kependudukan serta faktor pendukung lain meliputi aspek pemahaman aparatur terkait prinsip-prinsip good governance, disiplin kerja aparatur, komunikasi, aturan dan struktur birokrasi sesuai dengan Standar Operasonal Prosedur yang berlaku. Namun juga terdapat faktor penghambat diantaranya yaitu sistem sarana prasana yang berbasis online yang dalam penerapannya masyarakat belum familiar dan fitur layanan yang masih belum lengkap. Selain itu, semua data kependudukan di daerah bersumber dari pusat dan kurangnya sumber daya manausia juga menjadi faktor penghambat karena pelayanan yang berlangsung di dua tempat sehingga menimbulkan keterbatasan sumber daya manusia.

English Abstract

The Population and Civil Registration Service is a very important service sector for the people of the country because with the existence of the Population and Civil Registration Service the community obtains an identity as citizens. The Malang City Population and Civil Registration Service applies the principles of good governance in improving public services. The application of the principles of good governance is needed to make the Population and Civil Registration Service of Malang City better and to create a governance system for providing public services that is of high quality and runs optimally. This research was conducted using descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observation and documentation of parties and objects related to the application of good governance principles in population administration services at the Malang City Population and Civil Registration Service. The data that has been obtained is analyzed using qualitative research data analysis proposed by Miles, Huberman, and Saldana, namely data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data used through source triangulation. The results of this research show that the application of the principles of good governance in public services in the field of population and civil registration including Malang City, community participation, law enforcement, transparency, responsiveness, consensus orientation, fairness, effectiveness and efficiency, accountability and strategic vision has gone well. There are supporting factors in implementing the principles of good governance in the Population and Civil Registration Service of Malang City, including socialization to increase public awareness regarding the importance of population administration and other supporting factors including aspects of understanding of the apparatus regarding the principles of good governance, work discipline of the apparatus, communication, rules. and bureaucratic structure in accordance with applicable Standard Operating Procedures. However, there are also inhibiting factors, including the online-based infrastructure system, which the public is not yet familiar with and the service features are still incomplete. Apart from that, all population data in the regions comes from the center and the lack of human resources is also an inhibiting factor because services take place in two places, giving rise to limited human resources.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030451
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:55
Last Modified: 08 Jan 2024 05:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206135
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ANGGI AMALIA KHANIFA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item