Khoiriah, Alifatul and Dr. Alfi Haris Wanto, S.AP., M.AP., MMG and Akhmad Amirudin, S.AP., M.AP, PhD (2023) Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru (Studi Kasus Di SD Negeri 3 Gondowangi Kecamatan Wagir),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Supervisi akademik merupakan salah satu tugas yang wajib dilaksanakan oleh kepala sekolah. Supervisor adalah individu yang memiliki tanggung jawab mengawasi dan membimbing pekerjaan orang lain dalam lingkungan profesional atau akademik. Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas guru itu sendiri. SD Negeri 3 Gondowangi melaksanakan kegiatan supervise secara berkala, namun hingga saat ini belum terlaksana secara maksimal. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus Penelitian berkaitan dengan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru yaitu: Pelaksanaan Kurikulum 2013; Model dan Pendekatan Supervisi Akademik yang Digunakan; Pelaksanaan Supervisi Akademik; serta Faktor Pendukung & Faktor Penghambat Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik. Sumber data yang dibutuhkan adalah sumber data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dari Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor berjalan dengan baik namun belum optimal. Terdapat beberapa faktor seperti alokasi waktu pelasksanaan supervise yang menyebabkan terhambatnya pelaksanaan supervisi. Oleh karena itu saat pelaksanaan supervisi akademik, Kepala Sekolah harus lebih teliti dalam pelaksanaan supervise pada guru.
English Abstract
Academic supervision is one of the tasks that must be carried out by the school principal. A supervisor is an individual who has the responsibility of supervising and guiding the work of others in a professional or academic setting. The implementation of academic supervision by the school principal can improve the learning process and improve the quality of the teachers themselves. SD Negeri 3 Gondowangi carries out supervision activities periodically, but to date this has not been implemented optimally. This research is descriptive with a qualitative approach. The research focus relates to the role of school principals in improving teacher performance, namely: implementation of the 2013 curriculum; Academic Supervision Models and Approaches Used; Implementation of Academic Supervision; as well as Supporting & Inhibiting Factors in the Implementation of Academic Supervision. The data sources needed are primary and secondary data sources. The data analysis used is data analysis from Miles and Huberman with the stages of data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that the principal's role as supervisor is running well but not optimally. There are several factors such as the allocation of time for implementing supervision which causes delays in implementing supervision. Therefore, when carrying out academic supervision, the Principal must be more careful in carrying out supervision of teachers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030437 |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kinerja Mengajar Guru, Mutu Pembelajaran, Peserta Didik, Kepala Sekolah dan Pengawas, Peningkatan Kinerja |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 08:53 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 08:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206092 |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Alifatul Khoiriah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |