Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Penanggulangan Banjir Kota Malang (Studi Kasus pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang)

Garcia, Danny and Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP (2023) Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Penanggulangan Banjir Kota Malang (Studi Kasus pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang kerap terjadi banjir yang dikarenakan oleh penyebab yang berbeda-beda. Banjir pada Kota Malang selalu meningkat tiap tahunnya berbeda dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu yang setiap tahunnya semakin menurun. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selaku salah satu pihak yang berwenang dalam mencegah dan menangani permasalahan banjir. Oleh karena itu, diperlukan implementasi perencanaan strategis dalam menanggulangi banjir yang dilakukan oleh BPBD. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi perencanaan strategis penanggulangan banjir, peran aktor, dan kendala dalam implementasi perencanaan strategis penanggulangan banjir di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memeroleh data dari lapangan. Teknik analisis data yang digunakan oleh penelitian ini adalah model analisis data interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) BPBD telah melaksanakan implementasi perencanaan strategis sesuai dengan tujuh faktor implementasi perencanaan strategis, yaitu kepemimpinan efektif, komunikasi efektif, pengenalan dan pelibatan anggota organisasi, alokasi sumber daya, pengukuran kinerja dan evaluasi, kesesuaian dengan lingkungan eksternal, serta pengorganisasian dan pengelolaan resiko, (2) BPBD, pemerintah setempat, dan masyarakat selaku aktor yang berperan dalam implementasi perencanaan strategis, dan (3) Kendala yang dihadapi yaitu pendanaan dan kesadaran masyarakat.

English Abstract

The city of Malang frequently experiences floods caused by various factors. Unlike Malang Regency and Batu City, which see a decrease in floods every year, the flooding in Malang City continues to increase annually. The Regional Disaster Management Agency (BPBD) is one of the authorized parties responsible for preventing and addressing flood-related issues. Therefore, the implementation of a strategic plan by BPBD is needed to tackle these floods. The aim of this research is to analyze the implementation of strategic flood management planning, the roles of actors involved, and the challenges faced in the implementation of flood management planning in Malang City. This study employs a qualitative approach with a case study research design, utilizing interview, observation, and documentation methods to gather data from the field. The data analysis technique used in this research is the interactive data analysis model. The findings of this study indicate that: (1) BPBD has implemented the strategic planning in accordance with seven factors of strategic planning implementation, which include effective leadership, effective communication, identification and involvement of organizational members, resource allocation, performance measurement and evaluation, alignment with the external environment, and risk organization and management, (2) BPBD, the local government, and the community play roles in the implementation of strategic planning, and (3) The challenges faced include funding and public awareness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030406
Uncontrolled Keywords: Implementasi Perencanaan Strategis, Banjir
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:52
Last Modified: 03 Jan 2024 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205985
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Danny Garcia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item