Pengaruh Gaya Kepemimpinan Organisasi Sektor Publik terhadap Budaya Organisasi (Studi pada Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang),

Nurhalizah, Cindy and Drs. Tjahjanulin Domai, MS and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP (2023) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Organisasi Sektor Publik terhadap Budaya Organisasi (Studi pada Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalannya sebuah organisasi ditentukan oleh berbagai hal, termasuk gaya kepemimpinan organisasi sektor publik. Dalam organisasi pemerintahan, keberhasilan menjalankan tujuan dibutuhkan peran pemimpin yang sesuai dengan arah gerak sebuah organisasi. Keberlangsungan gaya kepemimpinan organisasi sektor publik dibarengi dengan adanya budaya organisasi. Hal ini dikarenakan budaya organisasi menentukan bagaimana semua anggota melakukan pekerjaan dan interaksi baik secara internal maupun external. Pada akhirnya, peran gaya kepemimpinan organisasi sektor publik akan turut berdampak langsung pada budaya organisasi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel gaya kepemimpinan organisasi sektor publik terhadap budaya organisasi di Sekretariat DPRD Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dengan gaya kepemimpinan organisasi sektor publik sebagai variabel bebas/independen dan budaya organisasi sebagai variabel terikat/dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 98 responden yang merupakan pegawai Sekretariat DPRD Kota Malang. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi pengolahan data Software Statistical Program and Service Solutions (SPSS) versi 21. Gaya kepemimpinan organisasi sektor publik mendapatkan rata-rata variabel sebesar 3,38 dan budaya organisasi mendapatkan rata-rata variabel sebesar 3,33 yang artinya tiap-tiap variabel dikatakan sangat baik. Dalam uji regresi didapati hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: gaya kepemimpinan organisasi sektor publik memiliki pengaruh posistif dan signifikan terhadap budaya organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030399
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Organisasi Sektor Publik, Budaya Organisasi, Sekretariat DPRD Kota Malang
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:56
Last Modified: 02 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205967
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
CINDY NURHALIZAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item