Pengaruh Budaya Organisasi dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Produktivitas Kerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang).

Ramadini, Choirotun Nisa’ and Dr. Drs. Choirul Saleh, M.Si and Dr. Abd. Qadir Muslim, S.Pd.I., M.Pd (2023) Pengaruh Budaya Organisasi dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Produktivitas Kerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dalam mencapai tujuan organisasi. Adanya kombinasi budaya organisasi yang baik serta ketepatan penggunaan teknologi informasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif, inovatif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial budaya organisasi terhadap produktivitas kerja, mengetahui pengaruh secara parsial penggunaan teknologi informasi terhadap produktivitas kerja dan mengetahui pengaruh secara simultan budaya organisasi dan penggunaan teknologi informasi terhadap produktivitas kerja Aparatur Sipil Negara pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Data yang digunakan adalah data primer dari kuesioner penelitian dan data sekunder dari dokumen-dokumen yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini dalam melakukan analisis data menggunakan bantuan dari software IBM SPSS statistic 24. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas, yaitu budaya organisasi dan penggunaan teknologi informasi serta satu variabel terikat, yaitu produktivitas kerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Aparatur Sipil Negara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, sebanyak 65 orang. Hasil koefisien korelasi dari variabel budaya organisasi terhadap produktivitas kerja adalah 0.839 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan positif sangat kuat, sedangkan koefisien korelasi dari variabel penggunaan teknologi informasi terhadap produktivitas kerja adalah 0.796 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan positif kuat. Variabel budaya organisasi dan penggunaan teknologi informasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja ASN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, sebagaimana dibuktikan oleh variabel budaya organisasi memiliki nilai t-hitung (12.760) > t-tabel (1.999) dan Sig. (0,00) < 0,05 dan variabel penggunaan teknologi informasi memiliki nilai t-hitung (10.451) > t-tabel (1.999) dan Sig. (0,00) < 0,05. Dari hasil uji-f, dapat diketahui nilai F-hitung (105.824) > F-tabel (3.14) dan nilai Sig. 0.000 < 0.05, artinya variabel budaya organisasi dan penggunaan teknologi informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel produktivitas kerja. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R Square) diperoleh hasil sebesar 0.773, yang berarti bahwa besarnya pengaruh variabel budaya organisasi dan penggunaan teknologi informasi terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 77.3% dan sisanya 22.7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030398
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Penggunaan Teknologi Informasi, Produktivitas Kerja
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:55
Last Modified: 02 Jan 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205964
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Choirotun Nisa' Ramadini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item