Kualitas Pelayanan Program Mosgunpelampung Dalam Memberikan Dokumen Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu,

Fudiansyah, Chamim and Soesilo Zauhar, PROF., DR., MS and Siti Rochmach, DR., M.SI. (2023) Kualitas Pelayanan Program Mosgunpelampung Dalam Memberikan Dokumen Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dispendukcapil Kota Batu menciptakan Program Mosgunpelampung sebagai salah satu inovasi tata kelola penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dengan kolaborasi antara desa/kelurahan, RT/RW dan sekolah untuk memberikan dokumen kependudukan berupa KTP, KK, KIA, Akta kelahiran dan Akta kematian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan Program Mosgunpelampung serta mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelayanan Program Mosgunpelampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan dua fokus penelitian yaitu: (1) Kualitas pelayanan Program Mosgunpelampung dalam memberikan dokumen kependudukan kepada masyarakat berdasarkan teori Zeithaml, Parasuraman & Berry yang dikutip oleh Hardiyansyah (2018); (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Program Mosgunpelampung. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan program Mosgunpelampung berdasarkan dimensi yang disampaikan Zeithaml, Parasuraman dan Berry adalah sebagai berikut: Tangible (Berwujud) secara keseluruhan sudah berkualitas, hanya saja terdapat satu indikator yaitu kenyamanan tempat pelayanan yang perlu diperhatikan lagi oleh pihak penyedia layanan, dimensi Reliability (Kehandalan) secara keseluruhan sudah berkualitas, dimensi Responsiveness (Ketanggapan) secara keseluruhan sudah berkualitas, dimensi Assurance (Jaminan) secara keseluruhan sudah berkualitas dan dimensi Empathy (Empati) secara keseluruhan sudah berkualitas. Namun dalam pelaksanaan Program Mosgunpelampung masih terdapat hambatan yaitu mengenai perlengkapan dan fasilitas serta kesadaran masyarakat yang masih rendah. Saran dari peneliti adalah penambahan sarana prasarana yaitu alat fotocopy, memaksimalkan sosialisasi mengenai pentingnya kepemilikan dokumen kependuduakn serta penyampaian persyaratan dalam pembuatan dokumen kependudukan, perlu menggunakan lebih dari satu server internet dan menambahkan kuota internet (band width) dalam pelayanan program Mosgunpelampung.

English Abstract

Batu City Dispendukcapil created the Mosgunpelampung Program as an innovation in the management of providing services to the community with collaboration between villages/kelurahan, RT/RW and schools to provide population documents in the form of KTP, KK, KIA, birth certificates and death certificates. The purpose of this study was to identify, describe and analyze the service quality of the Mosgunpelampung Program and to identify, describe and analyze the supporting and inhibiting factors for the service quality of the Mosgunpelampung Program. This research uses a descriptive research type with a qualitative approach with two research focuses, namely: (1) the service quality of the Mosgunpelampung Program in providing population documents to the public based on the theory of Zeithaml, Parasuraman & Berry cited by Hardiyansyah (2018); (2) identifying the supporting and inhibiting factors in the Mosgunpelampung Program. This research uses the data analysis method of Miles, Huberman and Saldana. The results showed that the service quality of the Mosgunpelampung program based on the dimensions presented by Zeithaml, Parasuraman and Berry are as follows: Tangible as a whole is of good quality, it's just that there is one indicator, namely the convenience of the service place that needs to be considered again by the service provider, the reliability dimension as a whole is of good quality, the overall responsiveness dimension is of good quality, the overall assurance dimension is good quality and the empathy dimension as a whole is good quality. However, in implementing the Mosgunpelampung Program there are still obstacles, namely regarding equipment and facilities as well as low public awareness. Suggestions from researchers are adding infrastructure, namely tools for photocopying, maximizing socialization regarding the importance of ownership of population documents and conveying requirements for making population documents, needing to use more than one internet server and adding internet quota in the Mosgunpelampung program service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030394
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Program Mosgunpelampung, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:54
Last Modified: 02 Jan 2024 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205955
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
CHAMIM FUDIANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item