Implementasi Kebijakan Tol Laut Surabaya (Studi Tentang Peraturan Presiden No 27 Tahun 2021)

Ramadhan, Bambang Rifqi and Dr. Moh, Said, S.Sos.,MAP and Suhartono Winoto, S.AP.,MAP (2023) Implementasi Kebijakan Tol Laut Surabaya (Studi Tentang Peraturan Presiden No 27 Tahun 2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementasi Kebijakan Tol Laut Surabaya dilandasi dengan Peraturan Presiden No. 27 Tahun 2021. Implementasi Kebijakan ini memberikan kesempatan bagi wilayah Timur Indonesia melihat Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya merupakan gerbang antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur untuk jalur pelayaran, dengan adanya konektivitas antara wilayah barat dan timur, berupa subsidi jalur pelayaran kapal Tol Laut yang terjadwal membuat daerah yang masuk dalam kategori Tertinggal, Terluar, Terpencil, dan perbatasan akan terkoneksi dan diharapkan jalur distribusi kebutuhan pokok dan logistik pada daerah Timur Indonesia semakin baik, sehingga akan berdampak pada selisih harga kebutuhan pokok yang semakin berkurang. Implementasi Kebijakan Tol Laut Surabaya dalam pelaksanaanya sudah berbasis online dengan menggunakan Aplikasi SiTolaut yang terintegrasi baik dari pemerintah, Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ), swasta dan pengguna jasa dapat mengakses dan memantau seluruh informasi dan kegiatan pelaksanaan Tol Laut Surabaya secara mudah, transparan, komunikatif dan dimana saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lebih menekankan informasi dari narasumber melalui kegiatan wawancara serta observasi dan juga menggunakan dokumen-dokumen yang tersedia. Sumber data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan Kementerian Perhubungan dan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Surabaya. Maka dari itu penelitian ini memiliki batasan atau limitasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Tol Laut Surabaya sudah baik dalam Pelaksanaan pelayanan subsidi angkutan kapal laut kepada daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal dan Perbatasan. Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dalam penyelenggaraan dan menentukan jenis barang demi terciptanya konektivitas di wilayah timur indonesia, serta melibatkan berbagai unsur yakni Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Swasta, Pengguna Jasa, Pengirim Barang serta masyarakat.

English Abstract

The implementation of the Surabaya Sea Toll Policy is based on Presidential Regulation No. 27 of 2021. The implementation of this policy provides an opportunity for the Eastern region of Indonesia to see the Port of Tanjung Perak Surabaya as the gateway between Western Indonesia and Eastern Indonesia for shipping lanes. With the connectivity between the western and eastern regions in the form of scheduled sea toll ship shipping lane subsidies, areas that fall into the categories of Disadvantaged, Outermost, Remote, and Borders will be connected, and it is expected that the distribution channels for basic necessities and logistics in the regions of Eastern Indonesia are getting better, so it will have an impact on the difference in the price of basic necessities that is decreasing. The implementation of the Surabaya Sea Toll Policy has been based online using the integrated SiTolaut Application from the government, State-Owned Enterprises (SOEs), the private sector, and service users, who can access and monitor all information and activities of the implementation of the Surabaya Sea Toll easily, transparently, communicatively, and anywhere. This study uses a qualitative descriptive approach by emphasizing information from resource persons through interviews and observations and also using available documents. The source of the research data was obtained from interviews with the Ministry of Transportation and the Surabaya Main Port Authority Office. Therefore, this study has limitations. The results showed that the implementation of the Surabaya Sea Toll Policy has been good in the implementation of ship transportation subsidy services to Remote, Outermost, disabled, and Border areas. The Ministry of Transportation collaborates with the Ministry of Trade in organizing and determining the types of goods in order to create connectivity in eastern Indonesia and involves various elements, namely State-Owned Enterprises, privately Owned Enterprises, Service Users, shippers, and the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030381
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Peraturan Presiden No.27 Tahun 2021, Tol Laut Surabaya, Konektivitas
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:30
Last Modified: 02 Jan 2024 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205911
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
BAMBANG RIFQI RAMADHAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item