Analisis Pelaksanaan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Berskema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha di Indonesia (Studi pada Proyek SPAM X dan Y).

Auliya, Reisi Rizqie and Prof. Drs. Nurkholis, M.Bus.(Acc)., Ak., Ph.D. and Dr. M. Tojibussabirin, S.E., MBA. (2023) Analisis Pelaksanaan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Berskema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha di Indonesia (Studi pada Proyek SPAM X dan Y). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk memberikan pelayanan yang layak kepada masyarakat merupakan tantangan bagi Pemerintah Indonesia. Kompleksitas pihak yang terlibat dalam SPAM dan keterbatasan pendanaan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur yang layak, berkualitas, hemat biaya menuntut keterlibatan peran swasta. Pemerintah Indonesia melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) melibatkan peran swasta pada pembangunan infrastruktur SPAM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi proyek KPBU SPAM Regional inisiasi badan usaha (unsolicited) di Indonesia, serta mendeskripsikan penerapan Faktor Penentu Kesuksesan (Critical Success Factors) sebagai strategi penyelesaian permasalahan pada pelaksanaan proyek KPBU SPAM. Untuk mengungkapkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan melibatkan informan dari Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) Kementerian PUPR. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Proyek pada studi kasus ini memiliki permasalahan penyelenggaraan KPBU terkait keterlambatan waktu penyediaan lahan, kepastian sumber air baku, belum adanya otoritas khusus SPAM, inflasi, pengaturan tarif, alokasi risiko yang belum terpetakan, dan pembangunan infrastruktur hilir. PJPK mengupayakan penyelesaian permasalahan dengan koordinasi intensif antar pihak terkait, adendum Perjanjian Kerjasama, kompensasi finansial dan non finansial, alternatif sumber air baku, dan dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan hilir. Selain itu, pada studi kasus ini Faktor Penentu Kesuksesan (Critical Success Factors) teridentifikasi diterapkan pada pelaksanaan KPBU SPAM X dan Y berkaitan dengan tata kelola pemerintahan yang baik, dukungan kebijakan hukum, penerimaan publik, komitmen yang baik antara PJPK dan Badan Usaha Pelaksana (BUP), dan sistem pengadaan yang memadai transparan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020088
Uncontrolled Keywords: Risiko, Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha, Sistem Penyediaan Air Minum
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:50
Last Modified: 29 Dec 2023 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205881
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reisi Rizqie Auliya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item