Inovasi Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak di Kota Malang (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Meiranti, Armelia and Dr. Drs. Tjahjanulin Domai, MS and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP (2023) Inovasi Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak di Kota Malang (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Amanat dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik bahwa Negara berkewajiban untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasar warga negaranya. Oleh karena itu, melindungi dan memastikan Anak mendapatkan hak terbaiknya juga merupakan kewajiban Negara. Melalui Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang menciptakan terobosan baru untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan Kartu Identitas Anak di Kota Malang, melalui inovasi Si-APEL, jemput bola, dan kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis inovasi pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak di Kota Malang serta faktor pendukung maupun penghambat dalam inovasi pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dibatasi oleh fokus penelitian, yaitu inovasi pelayanan pembuatan Kartu identitas Anak di Kota Malang (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang) serta faktor penghambat maupun pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaksi menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014) teori yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teori tipologi inovasi oleh Muluk (2008). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak di Kota Malang (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) masuk kedalam 4 (empat) tipologi inovasi oleh Muluk (2008) yaitu, tipologi inovasi sistem, tipologi inovasi kebijakan, tipologi inovasi proses layanan, dan tipologi inovasi metode pelayanan, dalam pelaksanaannya terjadi beberapa hambatan dan pendukung.

English Abstract

The mandate in Law Number 25 of 2009 concerning Public Services is that the State is obliged to fulfill the basic rights and needs of its citizens. Therefore, protecting and ensuring that children get their best rights is also the obligation of the State. Through the Regulation of the Minister of Home Affairs Number 2 of 2016 concerning Child Identity Cards, the Malang City Population and Civil Registration Office created a new breakthrough to support improving the quality of Child Identity Card services in Malang City, through Si-APEL innovations, pick-up balls, and collectives. This study aims to identify, describe, and analyze service innovation for making Child Identity Cards in Malang City as well as supporting and inhibiting factors in service innovation for making Child Identity Cards in Malang City. This study uses a qualitative approach with descriptive methods which is limited by the focus of research, namely service innovation for making children's identity cards in Malang City (Study at the Department of Population and Civil Registration in Malang City) as well as inhibiting and supporting factors. Data collection techniques in this study include interviews, observation, documentation. The data analysis technique uses the interaction method according to Miles, Huberman, and Saldana (2014). The theory used to analyze the data in this study is the typology theory of innovation by Muluk (2008). The results of this study indicate that service innovation for making Child Identity Cards in Malang City (Study at the Office of Population and Civil Registration) is included in 4 (four) innovation typologies by Muluk (2008), namely, system innovation typology, policy innovation typology, service process innovation typology , and the typology of service method innovation, in its implementation there were several obstacles and supporters.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030359
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Kartu Identitas Anak
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:32
Last Modified: 28 Dec 2023 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205841
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Armelia Meiranti Andrayuni.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item