Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Jumlah Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif, dan Upah Pekerja Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Nasution, Rahmi Syafitri and Dias Satria, SE. M.App.Ec., Ph.D. (2020) Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Jumlah Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif, dan Upah Pekerja Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia, jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif, dan upah pekerja ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan data sekunder dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia sebagai variabel dependen, kemudian untuk variabel independen adalah Indeks Pembangunan Manusia, jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif, dan upah pekerja ekonomi kreatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan dan positif terhadap produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020481
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Indeks Pembangunan Manusia
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:00
Last Modified: 11 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205839
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahmi Nasution.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item