Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah (Studi Pada Bank Sampah Malang).

Saadah, Aprilliarie Chiesa Nur and Dr. Imam Hanafi, M.SI., MS and Mochamad Chazienul Ulum, S.AP., M.AP (2023) Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah (Studi Pada Bank Sampah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia, permasalahan terkait sampah adalah salah satu topik yang selalu diupayakan oleh pemerintah dengan melibatkan berbagai pihak. Sampah yang tidak dikelola dan ditangani dengan tepat dapat mengganggu jalannya kehidupan masyarakat, mengurangi estetika lingkungan, hingga mengakibatkan timbulnya penyakit. Menurut data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, sampah yang dihasilkan di Kota Malang tahun 2022 sebesar 47% bersumber dari sampah rumah tangga. Hal ini kemudian membuat pemerintah membentuk suatu kebijakan untuk melibatkan masyarakat dalam pengelolaan sampah, yaitu dengan program pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berlokasi penelitian di Kota Malang dengan situs Bank Sampah Malang. Penelitian ini mengevaluasi dan menganalisis Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah yang dilakukan oleh Bank Sampah Malang dengan menggunakan teori model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product) menurut Stufflebeam (2003). Penelitian ini menggunakan sumber data primer dari wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data sekunder yang diperloleh dari dokumen terkait penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan mengikuti model Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Bank Sampah Malang dalam pengelolaan sampah dalam elemen context sangat baik, yakni pembentukkan bank sampah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam elemen input, program yang dirancang beserta dengan strateginya sudah sangat baik, dan pemanfaatan sumber daya sudah maksimal. Elemen process sudah baik, terlihat dari berhasilnya sosialisasi hingga program menabung sampah, namun terdapat kekurangan pada program workshop atau pelatihan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Pada elemen output sudah baik dengan tercapainya tujuan dan perubahan yang terjadi pada aspek potensi masyarakat, lingkungan, dan ekonomi. Namun pada aspek ekonomi, belum dikatakan maksimal. Hal yang menjadi kekurangan tersebut perlu diperbaiki agar pengelolaan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat semakin optimal.

English Abstract

In Indonesia, problems related to waste are one of the topics that the government always strives for by involving various parties. Waste that is not managed and handled properly can disrupt the course of people's lives, reduce environmental aesthetics, and cause disease. According to the National Waste Management Information System, 47% of the waste generated in 2022 in Malang City came from household waste. This then prompted the government to form a policy to involve the community in waste management, namely through a community empowerment program. This research is a qualitative research with a descriptive approach which is located in the city of Malang with the site of the Malang Waste Bank. This study evaluates and analyzes the Evaluation of Community Empowerment in Waste Management conducted by the Malang Waste Bank using the CIPP evaluation model theory (Context, Input, Process and Product) according to Stufflebeam (2003). This study uses primary data sources from interviews, observation, and documentation as well as secondary data obtained from research-related documents. Data analysis techniques were carried out by following the Miles, Huberman and Saldana models, by means of data collection, data condensation, data presentation, and conclusions drawing or verification. The results of the research conducted show that the community empowerment carried out by the Malang Waste Bank in waste management in the context element is quite good, proven by the establishment of a waste bank that is in accordance with the needs of the community. In the input element, the program designed along with the strategy is clear, and the utilization of resources is maximized. The process elements are good, seen from the success of socialization to the waste bank program, but there are deficiencies in the workshop or training program caused by several factors. The output elements have been good with the achievement of goals and the changes that have occurred in the potential aspects of society and environment. However in the economic aspect, it is not said to be optimal yet. These deficiencies need to be corrected so that community empowerment-based waste management is more optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030350
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Evaluasi, Pengelolaan Sampah, Bank Sampah Malang
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:52
Last Modified: 28 Dec 2023 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205797
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Aprilliarie Chiesa Nur Sa'adah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item