Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anggaran Pendidikan Di Indonesia Tahun 2015-2021

Muhammad, Pramanda Rafi and Atu Bagus Wiguna,, SE., ME (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anggaran Pendidikan Di Indonesia Tahun 2015-2021. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu unsur yang vital bagi suatu negara sebab pendidikan menjadi acuan bagi suatu negara dalam merepresentasikan kualitas sumber daya manusia di negara tersebut apakah berkualitas atau sebaliknya. Peran pemerintah sangat diperlukan dalam mengimplementasikan pembangunan pendidikan ialah lewat belanja pemerintah. Belanja pemerintah bisa dicerminkan sebagai gambaran rencana yang dipilih pemerintah dalam suatu wilayah. Pemerintah Indonesia tiap tahunnya mengalokasikan anggaran pendidikan dari APBN dan APBD sekurang-kurangnya 20% guna menciptakan sebuah sistem pendidikan yang berkualitas. World Bank masih menemukan adanya ketimpangan distribusi alokasi per siswa yang tidak merata Kondisi lainnya adalah transfer DAK fisik yang tidak sesuai dengan infrastruktur yang dibutuhkan. Hal yang sama juga ditemukan bahwa terdapat variasi belanja dan kinerja pendidikan antar daerah, belanja yang belum efisien, kontribusi belanja pendidikan dari PAD yang makin menurun, serta masih perlunya sinergi antara belanja pemerintah pusat dan daerah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa faktor terhadap anggaran pendidikan di Indonesia tahun 2015-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis datanya, yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan beberapa variabel independent, yaitu Kualifikasi Guru, Indeks Pembangunan Manusia, dan Jumlah Siswa. Hasil penelitian menunjukan Kualifikasi Guru tidak mempengaruhi anggaran pendidikan. Sedangkan, Indeks Pembangunan Manusia dan

English Abstract

Education is one of the vital elements for a country because education is a reference for a country in representing the quality of human resources in the country whether quality or vice versa. The role of the government is indispensable in implementing education development through government spending. Government spending can be reflected as a description of the plan chosen by the government in an area. The Indonesian government annually allocates an education budget from the APBN and APBD of at least 20% to create a quality education system. The World Bank still finds inequality in the unequal distribution of allocations per student Another condition is the transfer of physical DAK that does not match the required infrastructure. Similarly, it was also found that there are variations in education spending and performance between regions, inefficient spending, the contribution of education spending from PAD that is decreasing, and the need for synergy between spending this research aims to determine the influence of several factors on the education budget in Indonesia in 2015-2021. This research is quantitative research with its data analysis method, namely panel data regression analysis using several independent variables, likes; Teacher Qualifications, Human Development Index, and Number of Students. The results showed that teacher qualifications do not affect the education budget. Meanwhile, the Human Development Index and the Number of Students can affect the education budget

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020460
Uncontrolled Keywords: education budgeting; fiscal federalism; human development index; number of student; teacher qualification;
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:48
Last Modified: 04 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205789
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PRAMANDA RAFI MUHAMMAD.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item