Efektivitas Pelayanan Perekaman KIA Berbasis Jemput Bola bagi Penyandang Disabilitas (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto)

Ramadhani, Annida Fadilatul and WIKE, S. Sos., M. Si, DPA and Rispa Ngindana, S. AP., M. AP (2023) Efektivitas Pelayanan Perekaman KIA Berbasis Jemput Bola bagi Penyandang Disabilitas (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagian besar penyandang disabilitas mampu untuk mengelola diri dalam hidupnya. Kemampuan yang dimiliki oleh kaum penyandang disabilitas ini sangat bertolak belakang dengan penyediaan fasilitas atau kebijakan yang diberikan untuk pelayanan kaum disabilitas. Banyak ditemui bahwa unit pelayanan yang diberikan oleh pemerintah tidak mendukung akses pelayanan kelompok penyandang disabilitas. Oleh karena itu penting dilakukan kajian tentang pelayanan publik yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas. Maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto membuat pilihan atau terobosan baru dalam mendukung Gerakan bersama pelayanan Administrasi Kependudukan bagi penyandang disabilitas. Pelayanan tersbut merupakan kegiatan pelayanan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) yang dilaksanakan secara jemput bola di Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Kota Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pelayanan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) berbasis jemput bola bagi penyandang disabilitas di Kota Mojokerto. Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu mengenai efektivitas pelayanan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA), serta faktor pendukung dan juga faktor penghambatnya. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu dengan model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data. kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diuji keabsahan datanya dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) berbasis jemput bola bagi penyandang disabilitas yang terdiri dari lima indikator pengukuran efektivitas yaitu produktivitas, kualitas, efisiensi, fleksibilitas, dan kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) berbasis jemput bola bagi penyandang disabilitas belum bisa dikatakan efektif. Hal ini disebabkan karena terdapat faktor pendukung yaitu dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto yaitu tekat dan keinginan meningkatkan kualitas dan mempercepat pengguna Kartu Identitas Anak. Adapun Faktor penghambatnya yaitu dari sumberdaya yang meliputi sumber daya manusia karena keterbatasan pegawai dan juga keterbatasan alat. Yang dimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi pelayanan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) berbasis jemput bola bagi penyandang disabilitas.

English Abstract

Most people with disabilities are able to manage themselves in their lives. The ability possessed by people with disabilities is in stark contrast to the provision of facilities or policies provided for services for people with disabilities. It is often found that the service units provided by the government do not support access to services for persons with disabilities. Therefore it is important to conduct a study on the accessibility of public services specifically for persons with disabilities. So the Department of Population and Civil Registration of the City of Mojokerto made a choice or a new breakthrough in supporting the Joint Movement for Population Administration services for persons with disabilities. This service is a service for recording a Child's Identity Card (KIA) which is carried out by pick-up and drop-off at Special Schools (SLB) in Mojokerto City. The purpose of this study is to describe and analyze the process of pick-up-based Child Identity Card (KIA) recording services for persons with disabilities in Mojokerto City. The focus of research in this thesis is regarding the effectiveness of the Child Identity Card (KIA) recording service, as well as the supporting factors as well as the inhibiting factors. The research method in this study used descriptive research and a qualitative approach. By using three data collection techniques namely observation, interviews and documentation. The analytical method used is an interactive model according to Miles, Huberman and Saldana with four stages, namely data collection. data condensation, data presentation, and drawing conclusions. From the research results, the validity of the data was tested using a triangulation technique, namely source triangulation and technical triangulation. The results of the study showed that the effectiveness of the pick-up-based Child Identity Card (KIA) shooting service for people with disabilities could not be said to be effective. This is because there are supporting factors, namely the Department of Population and Civil Registration of the City of Mojokerto and the desire to improve quality and speed up the use of Child Identity Cards. The inhibiting factor is from resources which include human resources due to limited employees and also limited tools. Which of these factors affect the pick-up-based Child Identity Card (KIA) recording service for people with disabilities

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030344
Uncontrolled Keywords: Efektivituas, Pelayanan Publik, Kartu Identitas Anak, Disabilitas
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:51
Last Modified: 28 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205779
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Annida Fadilatul Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item