Analisis Pengaruh Penggunaan Virtual Reality Pada Intensi Kunjungan Langsung ke Kawah Ijen Indonesia.

Halimah, Nur and Dias Satria,, S.E., M.App.Ec.,Ph.D., and Dr. rer. pol Ferry Prasetyia,, S.E., M.App.Ec. (2023) Analisis Pengaruh Penggunaan Virtual Reality Pada Intensi Kunjungan Langsung ke Kawah Ijen Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata memainkan peran penting dalam ekonomi dunia dan Indonesia, tetapi sektor pariwisata telah sangat terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Pengaruh tersebut disebabkan karena pembatasan perjalanan dan penutupan setiap destinasi. Salah satu destinasi yang terkena dampak adalah Kawah Ijen. Pariwisata virtual dalam bentuk virtual reality merupakan salah satu inovasi untuk mempromosikan destinasi wisata termasuk Kawah Ijen, yang bermanfaat baik bagi wisatawan maupun pengelola pariwisata. Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh akses informasi, flow, interaksi dan telepresen, yang mewakili pengalaman realitas virtual (VR) Kawah Ijen terhadap niat wisatawan untuk mengunjungi situs tersebut. Nilai utilitarian dan hedonis konsumen digunakan sebagai mediator antara pengalaman VR kawah ijen dan niat kunjungan ke Kawah Ijen. Studi ini melibatkan 113 responden yang telah mengunjungi virtual reality Kawah Ijen, dan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) digunakan untuk analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa flow, interaksi dan telepresensi memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai utilitarian dan hedonis, sedangkan akses informasi tidak berpengaruh siginfikan terhadap nilai utilitarian dan nilai hedonis konsumen. Flow dan telepresen secara tidak langsung mempengaruhi niat kunjungan ke Kawah Ijen melalui nilai hedonis konsumen. Temuan ini memberikan wawasan baru bagi para peneliti, pemangku kepentingan, dan manajer pariwisata Kawah Ijen untuk pengembangan promosi kawah ijen jangka panjang.

English Abstract

Tourism plays a great role in the global and Indonesia’s national economy, but Covid-19 pandemic has reduced its contribution through travel limitations and destination closures. One of the affected destinations is the Ijen Crater. Virtual tourism is an innovation in promoting tourism destinations, and the crater is not an exception. This breakthrough benefits both tourists and tourism object managers. The objective of this research is to assess the effects of information access, flow, interaction, and telepresence – which represents the virtual reality experience of visiting Ijen Crater – on the intention of tourists to visit the tourism site. Here consumer’s utilitarian and hedonic values were used as the mediator between the virtual reality experience of visiting the crater and the intention to visit it. The data of this research was acquired from 113 respondents who have the experience of visiting Ijen Crater’s virtual reality destination and was analyzed using Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS). this study finds that flow, interaction, and telepresence significantly influence the utilitarian and hedonic values, while information access has no significant effect on those values. Furthermore, flow and telepresence do not directly affect the visiting intention to the crater through consumer’s hedonic value, while the hedonic value of tourism consumers significantly increases the opportunity of tourist visits to the attraction. These findings provide researchers, stakeholders, and the manager of Ijen Crater with new insights that can be used to the long-term development in the promotion of the tourist attraction.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020083
Uncontrolled Keywords: Covid-19, nilai konsumen, kawah ijen, pengalaman VR, Intensi berkunjung
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:45
Last Modified: 22 Dec 2023 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205735
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
nur halimah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item