Analisis Pengaruh Inflasi, Upah Minimum, dan Angka Harapan Hidup Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten/Kota Provinsi Banten

Putri, Novella Luckytha and Dr. Sri Muljaningsih,, SE., MSP. (2023) Analisis Pengaruh Inflasi, Upah Minimum, dan Angka Harapan Hidup Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten/Kota Provinsi Banten. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi di negara berkembang adalah tingkat pengangguran terbuka yang tinggi, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya disebabkan upah yang disediakan tidak mampu menarik minat angkatan kerja untuk kerja di sektor formal, serta dampak dari buruknya tingkat kesehatan sehingga berakibat pada tidak optimalnya upaya yang diberikan oleh SDM dalam bekerja. Selain kedua faktor tersebut, inflasi yang terlampau tinggi juga berdampak pada terhambatnya penyerapan angkatan kerja. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Banten adalah dengan meningkatkan upah minimum secara bertahap untuk meningkatkan minat angkatan kerja sehingga bisa bekerja di sektor formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, upah minimum dan angka harapan hidup terhadap tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten/Kota, Provinsi Banten tahun 2008-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder berupa daya panel kabupaten/kota di Provinsi Banten tahun 2008-2020, untuk selanjutnya dianalisis menggunakan regresi panel melalui aplikasi Eviews versi 9. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi memiliki pengaruh yang negatif namun tidak signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka, upah minimum memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka dan angka harapan hidup memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka serta inflasi, upah minimum dan angka harapan hidup memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten/Kota Provinsi Banten.

English Abstract

One of the problems that often occurs in developing countries is the high rate of open unemployment, this can be caused by several factors, including due to the fact that the wages provided are not able to attract the interest of the workforce to work in the formal sector, as well as the impact of poor health levels resulting in inadequate optimal effort given by HR in work. In addition to these two factors, too high inflation also had an impact on hampering the absorption of the labor force. Therefore, one of the policies implemented by the Banten provincial government is to gradually increase the minimum wage to increase the interest of the workforce so they can work in the formal sector. This study aims to determine the effect of inflation, minimum wages and life expectancy on the open unemployment rate in districts/cities, Banten Province in 2008-2020. The method used in this study is a quantitative approach using secondary data in the form of district/city panel power in Banten Province in 2008-2020, to be further analyzed using panel regression through the Eviews application version 9. The results in this study indicate that inflation has a negative effect but not significant to the open unemployment rate, the minimum wage has a negative and significant effect on the open unemployment rate and life expectancy has a negative and significant effect on the open unemployment rate and inflation, the minimum wage and life expectancy have a significant effect simultaneously or together - the same as the open unemployment rate in the Regency/City of Banten Province.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020447
Uncontrolled Keywords: “Human Capital, Inflasi, Upah Minimum, Angka Harapan Hidup, Tingkat Pengangguran Terbuka”
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:40
Last Modified: 04 Jan 2024 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205718
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Novella Luckytha Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item