Pengaruh Halal Awareness, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kober Mie Setan di Surabaya

Az Zahra, Narisa and Ika Khusnia Anggraini,, S.H.I., M.H.I (2023) Pengaruh Halal Awareness, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kober Mie Setan di Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penduduk muslim Indonesia mencapai 86,9% dari total penduduk yang dalam kehidupan sehari-hari pasti melaksanakan konsumsi. Sebagai konsumen islam tentunya ada prinsip yang harus dijalankan demi tercapainya keberkahan, seperti produk yang terjamin kehalalannya. Pemerintah memasang target makanan halal di Indonesia untuk menjadi nomor satu pada tahun 2023 di dunia. Kondisi saat ini masih banyak produk yang belum memiliki sertifikasi halal salah satunya adalah Kober Mie Setan. Iklan yang masif dan harga yang relatif murah menjadikan konsumen rela mengantri untuk membeli makanan tersebut selain karena karena penamaan menu yang tidak biasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, harga, dan iklan terhadap keputusan pembelian pada Kober Mie Setan di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analasis PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa halal awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Surabaya. Berbeda dengan variable harga dan iklan yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Surabaya.

English Abstract

Indonesia's Muslim population reaches 86.9% of the total population who in their daily life must carry out consumption. As an Islamic consumer, principles must be implemented in order to achieve blessings, such as consuming products that are guaranteed to be halal. The government has set a target for halal food in Indonesia to be number one in the world by 2023. The current condition is that there are still many products that do not have a halal label, such as Kober Mie Setan, but sellers provide advertisements and the prices are relatively cheap. Therefore, consumers are willing to queue to buy the food because of the unusual naming of the menu. The purpose of this study was to determine the effect of halal awareness, price, and advertising on purchasing desicion at Kober Mie Setan in Surabaya. This research is a quantitative study using the PLS-SEM analysis technique. The results show that halal awareness has no significant effect on purchasing decisions for Kober Mie Setan in Surabaya. Prices and advertising partially have a significant effect on purchasing decisions for Kober Mie Setan in Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020435
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian Makanan, Konsumsi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:39
Last Modified: 04 Jan 2024 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205693
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Narisa Az Zahra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item