Analisis Pengaruh Persepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi Dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Minat Penggunaan E-Money (Studi Kasus Pada Milenial Muslim Kota Malang Pengguna Aplikasi OVO).

Jelita, Nanda Putri and Prof. Dr. Drs. M. Umar Burhan,, MS. (2020) Analisis Pengaruh Persepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi Dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Minat Penggunaan E-Money (Studi Kasus Pada Milenial Muslim Kota Malang Pengguna Aplikasi OVO). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, salah satunya dalam Financial Technology (Fintech). Di Indonesia dari awal terbitnya e-money, setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah emoney yang beredar. Namun jumlah emoney yang beredar lebih kecil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia dalam kalangan usia produktif. Dapat ditarik kesimpulan bahwa masih ada masyarakat Indonesia di usia produktif yang masih belum menggunakan e-money. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Persepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Minat Penggunaan Ulang E-money. Hubungan antara Persepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi dan Keamanan Bertransaksi secara parsial dan simultan terhadap Minat Penggunaan Ulang E-money. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kaum milenial muslim Kota Malang pengguna aplikasi OVO. Sampel yang diambil menggunakan rumus untuk jumlah populasi yang tidak diketahui dengan hasil sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kusioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Masyarakat Muslim memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Penggunaan e-money dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,256 dan t statistik sebesar 2,574 nilai tersebut lebih besar dari t tabel (1,96) atau p ≤ 0,05. Efisiensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Penggunaan e-money dibuktikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,386 dengan nilai t statistik sebesar 4,142. Nilai tersebut lebih besar dari t tabel (1,96) dan signifikan atau p ≤ 0,05. Dan Keamanan Bertransaksi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-money di buktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,312 dan t statistik sebesar 3,518 lebih besar dari t tabel (1,96) dan signifikansi p-value 0,001 < 0,05. Berdasarkan perhitungan dengan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square Minat Penggunaan E-money sebesar 0,5774, nilai tersebut menunjukkan variabel Minat Penggunaan E-money (Y) dipengaruhi oleh Persepsi Masyarakat Muslim (X1), Efisiensi (X2), Keamanan Bertransaksi (X3) sebesar 57,74% sedangkan sisanya 42,26% di pengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti.

English Abstract

The current technology development is progressing rapidly, including in the field of Financial Technology (Fintech). In Indonesia, since the emergence of e-money, there has been an annual increase in the circulation of e-money. However, the amount of e-money in circulation is still smaller compared to the number of productive-age population in Indonesia. It can be concluded that there are still Indonesian people in productive age who have not yet adopted the use of e-money. This research aims to determine the influence of Muslim Community Perception, Transaction Efficiency, and Transaction Security on the Intention to Reuse E-money. The relationship between Muslim Community Perception, Transaction Efficiency, and Transaction Security partially and simultaneously affects the Intention to Reuse E-money. The population of this research is all Muslim millennials in Malang City who are users of the OVO application. The sample size was determined using a formula for an unknown population, resulting in 100 respondents using purposive sampling technique. Data collection was done by distributing questionnaires to the respondents. The results of this research indicate that Muslim Community Perception has a positive and significant influence on the Intention to Use e-money, as evidenced by a path coefficient of 0.256 and a t-statistic of 2.574, which is greater than the t-table value (1.96) or p ≤ 0.05. Transaction Efficiency has a positive and significant influence on the Intention to Use e-money, as evidenced by a path coefficient of 0.386 and a t-statistic of 4.142. This value is greater than the t-table value (1.96) and significant at p ≤ 0.05. Transaction Security has a positive and significant influence on the intention to use e-money, as evidenced by a path coefficient of 0.312 and a t-statistic of 3.518, which is greater than the t-table value (1.96) and has a significance p-value of 0.001 < 0.05. Based on the calculation using the coefficient of determination, the R Square value of Intention to Use E-money is 0.5774, indicating that 57.74% of the variation in Intention to Use E-money (Y) is influenced by Muslim Community Perception (X1), Transaction Efficiency (X2), and Transaction Security (X3), while the remaining 42.26% is influenced by other variables not included in the study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020432
Uncontrolled Keywords: Presepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi, Keamanan Bertransaksi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:46
Last Modified: 02 Jan 2024 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205663
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nanda PJ.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item