Pengaruh Dukungan Selebriti terhadap Minat Beli (Survei pada Minat Beli Produk Erigo Apparel di Kalangan Mahasiswa S1 Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).

Umma, Allysa Aulia and Prof. Drs. Achmad Fauzi, DH, MA. (2023) Pengaruh Dukungan Selebriti terhadap Minat Beli (Survei pada Minat Beli Produk Erigo Apparel di Kalangan Mahasiswa S1 Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Erigo Apparel merupakan pakaian produk lokal untuk kalangan anak muda dengan menawarkan tampilan yang trendy, semi-formal, casual, dan convenience. Dilihat dari akun Instagramnya, Erigo sering menggunakan salah satu strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan Celebrity Endorsement. Topik kajian dalam penelitian ini adalah Celebrity Endorsement edisi Erigo X Tokopedia yaitu Angga Yunanda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Celebrity Endorsement (Dukungan Selebriti) dari Angga Yunanda terhadap Minat Beli pada produk Erigo di Kalangan Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang dengan indikator ViSCAP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksplanatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden dengan menggunakan teknik non probability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan tools SPSS 26 for windows. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Visibility (X1), Credibility (X2), Attractiveness (X3), Power (X4), dan Minat Beli (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Celebrity Endorsement yang terdiri dari Visibility, Credibility, Attractiveness, dan Power berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Minat Beli; Visibility, Credibility, Attractiveness, dan Power berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Minat Beli. Visibility merupakan variabel yang dominan dalam memengaruhi Minat Beli dalam penelitian ini.

English Abstract

Erigo Apparel is a local product for young people by offering a trendy, semi-formal, casual, and convenience look. From their Instagram account, Erigo often uses a marketing communication strategy using Celebrity Endorsements. The topic of study in this research is Erigo X Tokopedia edition of Celebrity Endorsement, namely Angga Yunanda. This study aims to determine and explain the influence of Celebrity Endorsement from Angga Yunanda on Purchase Intention of Erigo products among Students of Business Administration Study Program Batch 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022 Faculty of Administrative Sciences, University of Brawijaya Malang with the ViSCAP indicator. This study uses a quantitative approach and explanatory research. The sample used in this research amounted to 116 respondents using non-probability sampling and purposive sampling techniques. The data analysis technique used is Multiple Linear Regression Analysis with tools, namely SPSS 26 for windows. The variables used in this research are Visibility (X1), Credibility (X2), Attractiveness (X3), Power (X4), and Purchase Intention (Y). The results of this research indicate that the Celebrity Endorsement variables consisting of Visibility, Credibility, Attractiveness, and Power simultaneously have a significant effect on Purchase Intention; Visibility, Credibility, Attractiveness, and Power partially have a significant effect on Purchase Intention. Visibility is the most dominant variable influencing to Purchase Intention in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030318
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorsement; Visibility; Credibility; Attractiveness; Power; Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:45
Last Modified: 22 Dec 2023 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205644
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Allysa Aulia Umma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item