Collaborative Governance dalam Pengembangan Wisata Pantai Taman Kabupaten Pacitan (Studi Pada Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Pacitan).

Primawansyah, Aldiki Aza and Soesilo Zauhar, Prof., Dr., MS and Imam Hanafi., Dr., M.Si., MS (2023) Collaborative Governance dalam Pengembangan Wisata Pantai Taman Kabupaten Pacitan (Studi Pada Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Pacitan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada dasarnya adanya tempat wisata yang berada di daerah harus didukung dengan baik dikarenakan wisata ini memiliki berbagai manfaat bagi daerah seperti meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah tak terkecuali seperti Pantai Taman yang berada di Kabupaten Pacitan. Karena Pacitan merupakan daerah yang tergolong kecil, maka untuk memajukan darahnya diperlukan adanya bantuan dari pihak luar seperti halnya Pantai Taman. Pantai Taman yang dahulunya bisa menarik banyak wisatawan, di masa sekarang jumlah pengunjungnya turun sangat drastis. Pada penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan Collaborative Governance dalam Pengembangan Wisata Pantai Taman Kabupaten Pacitan sekaligus faktor penhambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan lima aspek proses kolaborasi (Ansell & Gash, 2007) kolaborasi ini mengahsilkan beberapa hal yakni adanya tambahan objek wisata di kawasan Pantai Taman yakni kolam renang dan konservasi penyu. Kemudian faktor penghambat dari adanya kolaborasi ini adalah kurang optimalnya sistem promosi dan juga pendistribusian anggaran yang masih kurang. Sedangkan faktor pendukung dari kolaborasi ini adalah komitmen antar aktor yang kuat dan infrastruktur yang mendukung. Sebaiknya pemerintah daerah selaku pengelola pantai taman lebih mengoptimalkan controlling dalam pelakasanan pengembangan wisata, lebih giat mempromosikan via media sosial seperti instagram maupun tiktok, dan menambah acara yang dikolaborasikan dengan kebudayaan yang berlokasi di Pantai Taman seperti Tarik jaring dan mancing 1000 ikan sehingga bisa menarik minat wisatawan.

English Abstract

Basically, the existence of tourist attractions in the area must be well supported because this tour has various benefits for the region such as increasing the economy and regional progress, including Taman Beach which is in Pacitan Regency. Because Pacitan is a relatively small area, in order to advance its blood, it needs help from outsiders, such as Taman Beach. Taman Beach, which used to be able to attract many tourists, now has a very drastic decrease in the number of visitors. This study uses a qualitative method. With five aspects of the collaboration process (Ansell & Gash, 2007) this collaboration resulted in several things, namely the addition of tourist objects in the Taman Beach area, namely swimming pools and turtle conservations. Then the inhibiting factor from this collaboration is the lack of optimal promotion systems and also the distribution of the budget which is still lacking. Meanwhile, the supporting factors for this collaboration are strong commitment between actors and supporting infrastructure. It would be better for the local government as the manager of Taman Beach to optimize controlling the implementation of tourism development, be more active in promoting it via social media such as Instagram and TikTok, and add events that collaborate with culture located at Taman Beach, such as pulling nets and fishing for 1000 fish so that it can attract tourist interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030308
Uncontrolled Keywords: Governance, Pengembangan, Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:53
Last Modified: 21 Dec 2023 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205613
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Aldiki Aza Primawansyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item