Pengaruh Pdb, Inflasi, Dan Nilai Kurs Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Syariah (Studi Kasus Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah Yang Terdaftar Di Ojk 2010-2021)

Rahmansyah, Muhammad Figo and Prof. Dr. Khusnul Ashar,, SE.,MA. (2023) Pengaruh Pdb, Inflasi, Dan Nilai Kurs Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Syariah (Studi Kasus Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah Yang Terdaftar Di Ojk 2010-2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbankan merupakan sebuah lembaga yang penting didalam sebuah negara, karena perbankanlah yang mengatur semua kebutuhan dalam bidang ekonomi kita seperti transaksi, investasi. menabung, perbankan. Bank sendiri juga menjadi salah satu lembaga yang bisa mengatasi krisis di dalam suatu negara, dilihat dalam ketahanan menghadapi krisis perbankan syariah terbukti lebih tahan banting dibandingkan dengan bank konvensional, dilihat dari berbagai macam krisis yang dilewatinya seperti krisis 1998 dan krisis karena pandemi covid 19., oleh karena itu pertumbuhan perbankan syariah perlu didukung kebaradaannya, untuk mendukung pertumbuhan perbankan syariah, maka kita juga harus memerhatikan kesehatan dari perbankan syariah sendiri, untuk memastikan apakah sebuah perbankan itu sehat apa tidak, kita bisa menilainya dari rasio yang bernama profitabilitas yang diwakili oleh Return On Asset (ROA), dan rasio profitabilitas itu sendiri terpengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, dalam penelitian ini yang akan difokuskan adalah faktor ekternal yaitu Inflasi, PDB, dan Kurs. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui pengaruh jangkan pendek dan jangka panjang Inflasi, PDB, dan Kurs terhadap ROA perbankan syariah dengan memakai studi kasus bank umum syariah yang terdaftar di OJK dari tahun 2010-2021. Hasilnya adalah dalam secara simultan jangka pendek dan jangka panjang terdapat hubungan yang signfikan antara variabel Y yaitu ROA dengan variabel seperti Inflasi (X1), PDB (X2), dan Kurs (X3), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk jangka panjang dan jangka pendek dimana nilai ini lebih besar dari 0,005. Secara parsial dalam jangka pendek dan jangka panjang inflasi memiki pengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA perbankan syariah, sedangkan untuk jangka panjang dan pendek kurs juga memikilih pengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA perbankan syariah, sedangkan untuk jangka panjang dan jangka pendek PDB memiliki pengaruh positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020393
Uncontrolled Keywords: Inflasi, PDB, Kurs, Profitabilitas Bank Syariah, ROA
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:04
Last Modified: 28 Dec 2023 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205565
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD FIGO RAHMANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item