Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kebermanfaatan Terhadap Minat Penggunaan Learning Management System (LMS) SMA Negeri 2 Malang (Studi Pada Penggunaan e-Learning SMA Negeri 2 Malang).

Zahiroh, Aidha Rizmatika and Wike, S.Sos., S.IP. M.Si and Ali Maskur, S.AP., M.AP., M.A (2023) Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kebermanfaatan Terhadap Minat Penggunaan Learning Management System (LMS) SMA Negeri 2 Malang (Studi Pada Penggunaan e-Learning SMA Negeri 2 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan, pengaruh kebermanfaatan terhadap minat penggunaan dan pengaruh kemudahan dan kebermanfaatan terhadap minat penggunaan. Uji hipotesis pada penelitian adalah pengaruh : (1) kemudahan terhadap minat penggunaan LMS SMA Negeri 2 Malang, (2) kebermanfaatan terhadap minat penggunaan LMS SMA Negeri 2 Malang, dan (3) seberapa besar pengaruh kemudahan dan kebermanfaatan terhadap minat penggunaan LMS SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini dilakukan pada pengguna e-Learning SMA Negeri 2 Malang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 184 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan variabel Kemudahan memiliki nilai T sebesar 2,203 dengan nilai significant sebesar 0,029 (0,029 < 0,05). Nilai significant < alpha menunjukkan secara parsial variabel Kemudahan berpengaruh terhadap Minat Penggunaan. Hasil uji variabel Kebermanfaatan memiliki nilai T sebesar 12,184 dengan nilai significant sebesar 0,00 (0,00 < 0,05). Nilai significant < alpha menunjukkan secara parsial variabel Kebermanfaatan berpengaruh terhadap Minat Penggunaan. Kemudian pengujian secara simultan yang didapat dari nilai F yaitu menunjukkan nilai significant 0,00 < 0,05 atau Fhitung > Ftabel (196,007 > 3,05) sehingga dapat dikatakan kedua variabel secara bersamaan mempengaruhi minat penggunaan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kemudahan dan kebermanfaatan terhadap minat penggunaan. Ketika siswa merasa mudah dalam menggunakan e-Learning maka mereka akan memperoleh manfaat dari menggunakan LMS tersebut sebagai media pembelajaran sehari-hari, sehingga hal tersebut akan meningkatkan minat mereka dalam menggunakan e-Learning untuk menunjang proses belajar mengajar.

English Abstract

The research aims to find out influence the perception of perceived ease of use on interest in use, the influence of usefulness on interest in use and the influence of convenience and usefulness on interest in use. Hypothesis testing in the study is the influence of: (1) perceived ease of use on interest in using LMS SMA Negeri 2 Malang, (2) perceived usefulness on interest in using LMS SMA Negeri 2 Malang, and (3) how much influence the ease and usefulness have on interest in using LMS SMA Negeri 2 Malang. This research was conducted on e-Learning users of SMA Negeri 2 Malang. This type of research is quantitative research. Sampling using purposive sampling method. The sample set was 184 students. Data collection methods using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive percentage analysis and multiple linear regression analysis. The analysis results show that the Ease variable has a T value of 2.203 with a significant value of 0.029 (0.029 <0.05). The significant value < alpha indicates that partially the Ease variable has an effect on Interest in Use. The usefulness variable test results have a T value of 12.184 with a significant value of 0.00 (0.00 <0.05). The significant value < alpha indicates that partially the usefulness variable has an effect on usage interest. Then simultaneous testing obtained from the F value, which shows a significant value of 0.00 <0.05 or Fcount> Ftable (196.007> 3.05) so that it can be said that the two variables simultaneously affect interest in use. So it can be concluded that there is an influence between convenience and usefulness on interest in use. When students find it easy to use e-Learning then they will get benefits from using the LMS as a daily learning media, so that it will increase their interest in using e-Learning to support the teaching and learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030295
Uncontrolled Keywords: Kemudahan, Kebermanfaatan, Minat Penggunaan
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:41
Last Modified: 21 Dec 2023 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205558
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
AIDHA RIZMATIKA ZAHIROH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item