Penerapan Smart city Dalam Program E-Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Blitar (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar).

Yulianto, Ahmad Albaari and Dr. Drs Tjalanulin, MS and Bayu Indra Pratama, S.I Kom., M.A. (2023) Penerapan Smart city Dalam Program E-Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Blitar (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-Goverment merupakan penyelenggaraan pemerintahan menggunakan teknologi yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar efektif dan efisien. Pelayanan publik merupakan salah satu tugas wajib dari pemerintah untuk melayani masyarakat. Pemerintah Kabupaten Blitar menggunakan TIK untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh mereka. Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membuat program yaitu website https://layanan.blitarkab.go.id/. Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan smart city dalam program E-Pelayanan Publik dengan pendekatan kualitatif studi kasus yang dimana terdapat beberapa permasalahan terkait pelaksanaan smart city ini sendiri. Penelitian ini berlokasi di Kabuapten Blitar dengan situs penelitian berada di Dinas Komunikasi dan Informatika. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dengan informan yang berkaitan sedangkan data sekunder sendiri diperoleh dari dokumen yang berkaitan dengan tema yang diambil. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk instrumen penelitan sendiri ialah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitan ini bahwa Program Smart City di Kabupaten Blitar berjalan baik dengan progres 100% setiap tahunnya, memasuki tahun ke-5 dari rencana sepuluh tahun. Meskipun sukses, masih ada kendala seperti blankspot akibat topografi dan kurangnya familiaritas pegawai usia 50 keatas dengan penggunaan teknologi. Masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta mendukung program ini. Dukungan positif datang dari program bank sampah, CSR, infrastruktur, dan kerjasama antar sektor pemerintahan. Kabupaten Blitar telah berhasil membangun dasar yang kuat untuk masa depan program Smart City. Saran untuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar selaku penanggung jawab dari program ini ialah dapat meningkatkan inovasi dengan bekerjasama dengan stakeholder lainnya untuk dapat mengatasi masalah blankspot kemudian perlunya kerjasama dengan segala sektor yang berpengaruh serta meningkatkan keamanan siber dan juga kualitas SDM yang dimiliki oleh pemerintah.

English Abstract

E-Government is the utilization of technology in the administration of government services to provide effective and efficient services to the public. Public service is a mandatory task of the government to serve the community. The Blitar Regency Government employs ICT to enhance the quality of public services they offer. The Blitar Regency Government, through the Department of Communication and Informatics, has established a program known as the website https://layanan.blitarkab.go.id/. This study describes the implementation of a smart city in the E-Public Service program using a qualitative case study approach, where there are several issues related to the execution of this smart city initiative. The research is conducted in Blitar Regency, with the research site located at the Department of Communication and Informatics. Primary data sources were obtained through several interviews with relevant informants, while secondary data were derived from documents related to the chosen theme. Data collection techniques involved interviews, observation, and documentation. The research instrument itself was the researcher, along with supporting tools such as interview guidelines and other aids. The conclusion drawn from this research is that the Smart City Program in Blitar Regency is performing well, achieving 100% progress annually and entering its fifth year of the ten-year plan. Despite its success, there are challenges such as blank spots due to topography and the lack of familiarity of employees aged 50 and above with technology. Support from the community, government, and private sector is evident. Positive support comes from waste bank programs, CSR, infrastructure, and intergovernmental cooperation. Blitar Regency has successfully laid a strong foundation for the future of the Smart City Program. A recommendation for the Blitar Regency Department of Communication and Informatics, as the responsible entity for this program, is to enhance innovation through collaboration with other stakeholders to address blank spot issues, promote cooperation across influential sectors, enhance cybersecurity, and improve the government's human resources quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030293
Uncontrolled Keywords: Smart city , Pelayanan Publik, Electronic Goverment.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:25
Last Modified: 20 Dec 2023 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205556
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Ahmad Albaari Yulianto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item