Efektivitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Desa Kotaanyar (Studi Pada Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo),

Praja, Agus Faris and Prof. Dr. Sjamsiar Sjamsuddin., - and Dr. Niken Lastiti V.A., S.AP, M.AP (2023) Efektivitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Desa Kotaanyar (Studi Pada Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja pegawai dalam penyelenggaraan pemerintahan di kantor desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo dinilai masih kurang efektif, hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa pelayanan tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya serta tanggung jawabnya dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga pekerjaan yang dihasilkan belum maksimal dan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas pekerjaan. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, peneliti menjelaskan dengan cara menggambarkan gambaran masalah yang akan dideskripsikan dengan menggunakan data-data yang ada. Fokus penelitian berkaitan dengan efektivitas pelayanan administrsi di kantor Desa Kotaanyar dengan menggunakan indikator teori menurut Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 standar pelayanan yang terbagi (prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan) serta dalam faktor penghambat dan pendukung pelayanan administrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisisnya terdiri dari empat pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pelayanan administrasi di kantor desa Kotaanyar masih tergolong kurang efektif berdasarkan penelitian dengan menggunakan indikator teori yang digunakan peneliti. Dikarenakan masih terdapat beberapa kekurangan pada saat pelayanan seperti tidak disiplin waktu, kurangnya pemahaman terkait pelayanan administrasi dari perangkat yang baru, masih adanya pungli, serta sarana dan prasarana yang masih kurang memadai. Maka dari itu ada beberapa point yang harus ditingkatkan, seperti penegasan mengenai peraturan disiplin waktu dan memberikan pelatihan pelayanan administrasi untuk para perangkat desa, penegasan mengenai hukum atau sanksi terhadap oknum yang melakukan pungli, menyediakan dan memperbaiki fasilitas yang kurang, serta menyediakan sosialisasi mengenai proses atau prosedur pelayanan dengan menggunakan spanduk atau banner.

English Abstract

The performance of employees in administering government at the Kotaanyar village office, Kotaanyar District, Probolinggo Regency is considered to be still ineffective, this is indicated by the existence of several services that are not in accordance with their main tasks and functions and responsibilities in completing work, so that the work produced is not optimal and affects the quality and quantity of work. The research used a descriptive qualitative method, the researcher explained by describing the description of the problem to be described using existing data. The focus of research relates to the effectiveness of administrative services at the Kotaanyar Village office using theoretical indicators according to MENPAN Decree Number 63 of 2003 divided service standards (service procedures, service time, service costs, service products, facilities and infrastructure, competence of service providers) as well as in inhibiting factors and supporting administrative services. Data collection was carried out by interview, observation, and documentation techniques. The analysis technique consists of four data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results showed that administrative service activities at the Kotaanyar village office were still classified as ineffective based on research using theoretical indicators used by researchers. Because there are still some deficiencies in the service such as lack of time discipline, lack of understanding regarding administrative services from new devices, extortion, and inadequate facilities and infrastructure. Therefore there are several points that must be improved, such as affirming time discipline regulations and providing administrative service training for village officials, affirming laws or sanctions against individuals who commit extortion, providing and repairing facilities that are lacking, and providing socialization regarding the process or service procedures by using banners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030291
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, Administrasi Desa
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:25
Last Modified: 20 Dec 2023 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205554
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Agus Faris Praja.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item