Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital (Studi Pada M-Mobilib di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang)

Kusumadewi, Adinda and Dr. Hermawan, S.IP., M.Si and Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos. M.AP (2023) Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital (Studi Pada M-Mobilib di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang merupakan salah satu penyedia pelayanan publik di Kota Malang. Sebagai penyedia pelayanan, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan melalui aplikasi digital M-Mobilib. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) proses inovasi yang terbagi menjadi tahap penemuan ide, adopsi, dan implementasi, (2) faktor pendukung dan penghambat, dan (3) kualitas pelayanan melalui inovasi aplikasi digital M-Mobilib. Hasil penelitian ini memberikan gambaran pada proses inovasi Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang sudah melakukan dengan baik pada seluruh tahapan, namun pada tahap penemuan ide belum melakukan riset dari keluhan pemustaka. Faktor pendukung inovasi berasal dari dukungan pimpinan dan staf, serta jaringan aplikasi dan perangkat yang mendukung. Faktor penghambat berasal dari server dan aplikasi yang masih sederhana. Kualitas pelayanan melalui aplikasi digital M-Mobilib pada aspek security dapat dikatakan baik karena aplikasi tersebut keamananya dijamin oleh Kominfo, aspek communication masih kurang karena staf kurang memberikan informasi terkait pelayanan menggunakan M-Mobilib, aspek reliability cukup baik karena hanya memberikan informasi yang andal saat pemustaka bertanya atau mengadukan kendala, aspek responsiveness cukup baik karena meningkatkan kecepatan pelayanan, dan aspek delivery staf membantu dengan cukup baik dalam mengatasi kendala. Kesimpulannya Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang cukup baik dalam melakukan inovasi melalui aplikasi digital M-Mobilib, walaupun masih terdapat kekurangan dalam penyebaran informasi, proses komunikasi dengan pemustaka, dan server aplikasi dan fitur-fitur aplikasi M-Mobilib yang masih sederhana. Sehingga kedepannya perlu pengembangann lebih lanjut.

English Abstract

Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang is one of the public service provider in Malang City. As a service provider, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang make an innovation to improve their services through digital application named M-Mobilib. The purpose of this study are to determine (1) the innovation process which is divided into discovering idea stage, adoption stage, and implementation stage, (2) supporting factors and inhibiting factors, and (3) quality of the services through the innovation based on digital application M-Mobilib. The results of this study provide an overview of the innovation process that Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang did before, which has done well at all the stages, but at the discovering idea hasn’t based on research on user complaints. Supporting factors from that innovation came from the support of the leaders and staff, the network which is supporting the application, and the devices. The inhibiting factors comes from server and the application that has simple features. The quality of service through the digital application M-Mobilib on the security aspect can be said to be good because the security of the application is guaranteed by Kominfo, the communication aspect is still lacking because the staffs don’t provide information related to the services using M-Mobilib, the reliability aspect is quite good because the staffs only gives reliable information when the user asking or complaining about the problems, the responsiveness aspect is quite good because it increase the speed of services, and the delivery aspects is quite helpful at solving the problems from user. In conclusion, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang is quite good at innovating through digital application M-Mobilib, although there are still deficiencies in information, the communication with users, applications servers, and the M-Mobilib application that still has simple features. So, in the future all of that needs further development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030280
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi, Aplikasi Digital, Kualitas Pelayanan
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:32
Last Modified: 18 Dec 2023 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205511
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Adinda Kusumadewi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item