Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Pelayanan Tilang Cash On Delivery Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat di Era Society 5.0 (Studi pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan)

Liandri, Achmad Hafizh and Hermawan, Dr.,S,IP., M.SI and Abd. Qadir Muslim, S.Pd.I., M.Pd. (2023) Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Pelayanan Tilang Cash On Delivery Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat di Era Society 5.0 (Studi pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai badan penegak hukum, Kejaksaan Negeri Kota Administrasi Jakarta Selatan menyediakan pelayanan terkait dengan pelaksanaan, penegakan hukum baik preventif maupun berisikan keadilan di bidang hukum. Selain itu Kejaksaan juga memiliki wewenang dalam penyediaan pelayanan publik di bidang hukum bagi masyarakat. Salah satunya adalah inovasi pelayanan tilang Cash on Delivery. Pelayanan Tilang Cash On Delivery merupakan layanan pembayaran dan penebusan surat tilang dengan cepat yang bertujuan agar dapat memotong proses birokrasi yang menghambat pelayanan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Inovasi Pelayanan Publik Melalui pelayanan tilang Cash on Delivery dalam meningkatkan Kepuasan Masyarakat di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah The Innovation Lifecycle menurut Organisation for Economic Co-operation and Development (2020) Identifying Problems, Generating Ideas, Developing Proposals, Implementing Projects, Evaluating Projects, Difussing Lessons. Lokasi penelitian yaitu Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data di lakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan Proses Inovasi Program Pelayanan Tilang Cash on Delivery (COD) dalam meningkatkan kepuasan masyarakat di Jakarta Selatan telah berjalan sesuai dari segi empiris dengan meningkatnya angka kepuasan masyarakat di Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Namun masih terdapat masalah terkait dengan penyebarluasan inovasi, sosialiasai harus melibatkan masyarakat Kota Administrasi Jakarta Selatan agar masyarakat dapat mengetahui layanan. Saran yang di berikan peneliti ialah meningkatkan sosialisasi dengan melibatkan masyarakat.

English Abstract

As a law enforcement agency, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan provides services related to law enforcement, both preventive and containing justice in the field of law. In addition, the Attorney General's Office also has the authority to provide public services in the field of law for the community. One of them is the innovation of the Cash on Delivery ticket service. Cash on Delivery is a fast ticket payment and redemption service that aims to cut out bureaucratic processes that hinder service. The purpose of this research is to describe how public service innovation through Cash On Delivery ticket services increases public satisfaction in the administrative city of South Jakarta. The type of research used in this study is descriptive research with a qualitative approach. The theory used in this research is The Innovation Lifecycle according to the Organization for Economic Co-operation and Development (2020): Identifying Problems, Generating Ideas, Developing Proposals, Implementing Projects, Evaluating Projects, and Diffusing Lessons. The research location is Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Data collection techniques consist of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the Innovation Process for the Cash on Delivery ticket service program in increasing community satisfaction in South Jakarta has been running in accordance with an empirical viewpoint with increasing community satisfaction rates in the South Jakarta District Attorney's Public Satisfaction Survey . However, there are still problems related to the dissemination of innovations; socialization must involve the people of the South Jakarta Administrative City so that people can find out about services. The advice given by researchers is to increase socialization by involving the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030276
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi, Tilang, Cash on Delivery
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:42
Last Modified: 20 Dec 2023 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205498
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ACHMAD HAFIZH LIANDRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item