Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan, Pengangguran Dan Kemiskinan Terhadap Migrasi Tenaga Kerja Indonesia Keluar Negeri (Studi Kasus Penduduk Di Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2015-2020)

Oli, Maria Frianti Yaninsa and Nugroho Suryo Bintoro,, SE., M.Ec.Dev., Ph.D (2022) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan, Pengangguran Dan Kemiskinan Terhadap Migrasi Tenaga Kerja Indonesia Keluar Negeri (Studi Kasus Penduduk Di Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2015-2020). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan suatu negara. Perbedaan karakteristik antar wilayah provinsi di Indonesia dengan terkhusus di Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki perbedaan berupa sumber daya alam, ekonomi dan sosial. Dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonominya yang masih rendah, apabilah di bandingkan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia provinsi NTT berada pada peringkat ke 33 dari 34 provinsi di Indonesia. Selain itu tingkat pendidikan di Provinsi NTT yang masih dikatakan rendah, dimana dilihat dari rata-rata lama sekolah penduduk di NTT hanya sampai kelas 1 (satu) SMP. Serta permasalahan lainya seperti, jumlah pengangguran yang cukup tinggi, serta tingginya jumlah kemiskinan menempati peringkat ke 3 (tiga) di Indonesia. Salah satu kondisi kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan yang membuat penduduk di Provinsi NTT memilih untuk menjadi bekerja di Luar Negeri menjadi TKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan, Pengangguran, dan Kemiskinan terhadap Migrasi Tenaga Kerja Indonesia keluar Negeri pada penduduk di Provinsi NTT 2015-2020. Penelitian ini menggunakan analisis data panel serta data sekunder, dengan menggunakan jenis penelitian eksplanatori. Hasil dari penelitian ini adalah variabrl Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan, serta Kemiskinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Migrasi. Sedangkan variabel Pengangguran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabeL Migrasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020347
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan, Pengangguran, Kemiskinan, Migrasi Tenaga Kerja Indonesia Keluar Negeri, Provinsi NTT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:47
Last Modified: 20 Dec 2023 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205436
[thumbnail of DALAM MASA WEMBARGO] Text (DALAM MASA WEMBARGO)
MARIA FRIANTI YANINSA OLI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item