Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketimpangan Pendapatan di Indonesia Tahun 2015-2019

Wibowo, Katon Prasetyo and Farah Wulandari Pangestuty, S.E., M.E., Ph.D. (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketimpangan Pendapatan di Indonesia Tahun 2015-2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi di negara berkembang seperti Indonesia adalah tingkat ketimpangan disitribusi pendapatan yang tinggi, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya disebabkan pertumbuhan ekonomi (Produk Domestik Regional Bruto) yang tidak merata antar daerah di Indonesia di setiap provinsinya, serta dampak dari buruknya Provinsi yang memiliki PDRB yang tinggi semakin berkembang sedangkan yang memiliki PDRB rendah semakin terbelakang dikarenakan tidak menarik minat dari pihak luar selain pemerintah seperti pihak yang memberikan Investasi untuk mengembangkan daerah yang tertinggal. Selain kedua faktor tersebut, produktivitas tenaga kerja di provinsi yang tidak terlalu menarik minat pihak yang memberikan investasi menjadi lebih sedikit karena adanya keterbatasan modal untuk memproduksi barang dan jasa maka akan terjadi ketimpangan antar provinsinya. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang harus dilakukan oleh pemerintah di setiap daerahnya adalah dengan meningkatkan upah minimum secara bertahap untuk meningkatkan distribusi pendapatan sehingga merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDRB, upah minimum provinsi, produktivitas tenaga kerjad dan Investasi terhadap tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada tahun 2015- 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder berupa data panel 34 provinsi di Indonesia tahun 2015-2019, untuk selanjutnya dianalisis menggunakan regresi panel melalui aplikasi Eviews versi 10. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktorfaktor tersebut berpengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia tahun 2015-2019.

English Abstract

One of the recurring issues in developing countries like Indonesia is the high level of income inequality. This can be attributed to several factors, including uneven economic growth (Gross Regional Domestic Product - GRDP) among the regions in Indonesia, where some provinces experience significant development while others with low GRDP lag behind due to a lack of interest from external parties, apart from the government, to invest in these underdeveloped areas. Additionally, the low attractiveness of certain provinces to investors results in reduced labor productivity, as there is limited capital available to produce goods and services, leading to income disparities among the provinces. Therefore, one of the policies that each regional government should implement is gradually increasing the minimum wage to promote more equitable income distribution. This research aims to investigate the influence of GRDP, provincial minimum wage, labor productivity, and investment on the open unemployment rate in Indonesia from 2015 to 2019. The research utilizes a quantitative approach with secondary data in the form of a panel dataset from 34 provinces in Indonesia during the period of 2015-2019. The data is then analyzed using panel regression through Eviews version 10. The results of this research indicate that these factors significantly and jointly affect income inequality in Indonesia from 2015 to 2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020319
Uncontrolled Keywords: PDRB, Upah Minimum, Produktivitas Tenaga Kerja, Investasi, Ketimpangan Pendapatan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:34
Last Modified: 18 Dec 2023 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205351
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
KATON PRASETYO WIBOWO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item